Analisis Statistik dengan Microsoft Excel

Selain menggunakan software olah data statistik SPSS dan Eviews, sering kali penulis menggunakan software spreadsheet untuk mempermudah penginputan data di aplikasi SPSS dan Eviews. Microsoft Excel adalah spreadsheet software yang paling banyak digunakan pada masa kini. software ini pada umumnya digunakan untuk keperluan entri, pengorganisasian, penyimpanan dan analisis data maupun menampilkannya secara komprehensif. Microsoft Excel memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam pengolahan data statistik. Beberapa menu yang akan sering digunakan dalam pengolahan data statistik adalah Insert Function Tool, Graphical Display Data dan Data Analysis Add-Ins.

Insert Function Tool
Insert function memiliki kegunaan untuk mempermudah perhitungan beberapa rumus matematika pada satu atau beberapa variabel secara cepat. 


Dengan menekan icon Insert Function, kita dapat melakukan perhitungan berdasarkan kategori tertentu. Khusus pada kasus proses penyelesaian statistik, kita dapat memilih kategori Statistical pada menu Insert Function. Pada kategori ini terdapat beberapa fungsi, diantaranya untuk keperluan perhitungan ukuran pemusatan, penyebaran, ukuran letak dan distribusi data. 

Berikut gambar tampilan menu Insert Function. 



Baca Juga