Model Regresi Dengan Data Panel

Jenis data yang tersedia untuk dianalisis secara statistik adalah data runtut waktu (times series), data silang waktu (cross section) dan data panel yaitu gabungan antara data timeseries dan cross section. Data panel sering disebut juga pooled data (pooling times series dan cross-section), micropanel data, longitudinal data, event history analysis, dan cohort analysis. Semua nama ini mempunyai konotasi pergerakan sepanjang waktu dari unit cross-section. Apakah manfaat dari data panel dibandingkan dengan data times series dan data cross-section?

  1. Oleh karena data panel berhubungan dengan individu, perushaan, kota, negara dst sepanjang waktu (over time), maka akan bersifat heterogen dalam unit tersebut. Teknik untuk  mengestimasi data panel dapat memasukkan heteroginitas secara eksplisit untuk setiap variabel individu secara spesifik. 
  2. Dengan menggabungkan data time series dan cross-section, maka data panel memberikan data yang lebih informatif, lebih bervariasi, rendah tingkat kolonieritas antar variabel, lebih besar degree of freedom, dan lebih efisien.
  3. Dengan mempelajari data repeated cross-section, data panel cocok untuk studi perubahan dinamis (dynamic change). Pengangguran, job turnover dan mobilitas tenaga kerja cocok diteliti dengan data panel. 
  4. Data panel mampu mendeteksi dan mengukur pengaruh yang tidak dapat diobservasi melalui data murni time series atau murni data cross-section. Sebagai misal pengaruh undang-undang upah minimum terhadap kesempatan kerja dan pendapatan dapat dipelajari lebih baik jika kita memasukkan pergerakan kenaikan upah minimum sepanjang waktu.
  5. Data panel memungkinkan kita mempelajari model perilaku yang lebih komplek. Misalkan fenomena skala ekonomis dan perubahan teknologi dapat dipahami lebih baik dengan data panel daripada murni data cross-section atau murni data time series. 
Baca Juga