Model Regresi Dengan Variabel Dummy

Di dalam analisis regresi variabel dependen atau regressor sering dipengaruhi oleh tidak hanya oleh variabel skala rasio (pendapatan, harga, biaya) tetapi juga dipengaruhi oleh variabel yang bersifat kualitatif atau skala nominal seperti jenis kelamin, suku, agama, afiliasi partai. Misalnya dengan menganggap faktor-faktor lain konstan, maka pegawai laki-laki memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan pegawai perempuan. Pola hubungan seperti ini boleh jadi berasal dari adanya diskriminasi jenis kelamin, tetapi apapun alasannya, variabel kualitatif seperti jenis kelamin tampaknya mempengaruhi variabel regressand (dependen) dan harus dimasukkan ke dalam variabel independen (regressor).
Oleh karena variabel dummy atau kualitatif menunjukkan keberadaan (presence) atau ketidakberadaan (absence) dari kualitas atau suatu atribut, seperti laki-laki atau perempuan, Islam atau Non-Islam, maka variabel ini berskala nominal. Cara mengkuantifikasi variabel kualitatif di atas adalah dengan membentuk variabel artifisial dengan nilai 1 atau 0, 1 menunjukkan keberadaan atribut dan 0 menunjukkan ketidakberadaan atribut. Variabel yang mengasumsikan bernilai 1 dan 0 disebut sebagai variabel dummy. 
Bagaimana cara pembentukan variabel dummy, serta penggunaan variabel dummy dalam model ANOVA akan dibahas dalam postingan berikutnya. Jadi ikuti terus postingan saya.

Baca Juga