Menyelamatkan Kontak dari HP yang Hilang

Daftar kontak nomor HP sekarang ini merupakan salah satu data yang sangat penting sekali, karena dengan daftar kontak tersebut kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja yang terdapat di dalam daftar kontak tersebut. Semakin banyak kontak yang ada, berarti semakin banyak relasi kita untuk bersilaturahmi dan peluang untuk berbisnis lebih luas. Akan tetapi sering kali penulis mendengar ungkapan dari beberapa relasi penulis yang meminta lagi kontak nomor HP dari orang lain lagi dikarenakan HP nyata di instal ulang (reset pabrik) atau justru HP nya yang hilang.
Dengan adanya fenomena orang kehilangan kontak orang lain dikarenakan hal-hal tersebut, maka penulis tertarik untuk memberikan tutorial mengenai cara membackup kontak HP agar tidak ikut hilang walaupun HP telah berkali-kali diinstal atau karena HP hilang.
Untuk membackup kontak HP ini kita memanfaat fasilitas impor/ekspor kontak yang terdapat di HP. Untuk menggunakan fasilitas impor/ekspor ini yang perlu ada siapkan adalah EMAIL DARI GMAIL YANG AKTIF yang dipakai di HP anda tersebut. Apabila sudah punya email yang telah dimasukkan di HP tersebut, maka tindakan selanjutnya adalah :
  1. Anda buka aplikasi KONTAK di HP.
  2. Pilih tombol option, di setiap HP dan berbagai versi android, tombol option ini berbeda-beda. Ada yang berupa tombol khusus option di sebelah kiri/kanan dari tombol HOME. Ada juga yang berupa tombol ikon titik tiga buah di sebelah atas layar HP. 
  3. Apabila telah menemukan tombol option, selanjutnya anda cari dan pilih menu impor/ekspor.
  4. Berikutnya anda akan dihadapkan pada tampilan akun kontak yang terdapat di HP anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
  1. Setelah itu anda pilih asal dari daftar kontak yang akan di ekspor (dipindahkan), dari gambar di atas, saya memilih untuk mengekspor (memindahkan) kontak dari simcard (ditandai dengan tulisan TELKOMSEL), selanjutnya anda tekan BERIKUTNYA
  2. Selanjutnya, anda akan menemui tampilan daftar akun ke mana kontak tersebut akan di ekspor, seperti tampilan berikut ini : 
  1. Pilih email dari gmail yang menjadi tujuan tempat penyimpanan kontak. Dari gambar di atas saya memilih email di ha.......@gmail.com.
  2. Selanjutnya tinggal tekan lagi menu Berikutnya. setelah itu anda akan diberikan daftar nama-nama kontak yang akan anda ekspor, dapat anda pilih satu-satu atau semuanya. seperti terlihat pada gambar berikut ini :
  1. Setelah anda memilih kontak mana saja yang akan anda ekspor/pindahkan, tekan OK.
Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, berarti anda telah berhasil membackup/ memindahkan daftar kontak dari simcard (sesuai yang saya pilih di atas) ke email gmail. Selanjutnya anda dapat memindahkan daftar kontak dari simcard lain (jika HP anda mendukung double simcard) serta dari memori internal HP, memori internal, dll), dengan langkah-langkah yang sama seperti di atas. 
Dengan berhasilnya anda melakukan langkah-langkah di atas, ketika simcard anda hilang atau bahkan HP anda yang hilang, data-data kontak anda tidak ikut hilang. Data kontak yang tersimpan di email gmail tersebut dapat kita ambil lagi lewat HP yang baru atau HP yang lain, dengan memasukkan akun email gmail kita ke HP yang baru atau HP yang lain tersebut.
Ketika email yang kita gunakan untuk membackup data dimasukkan ke HP lain. maka kita dapat mengambil lagi data-data kontak yang kita simpan di email tersebut dengan cara :
  1. Anda buka aplikasi KONTAK di HP.
  2. Pilih tombol option, di setiap HP dan berbagai versi android, tombol option ini berbeda-beda. Ada yang berupa tombol khusus option di sebelah kiri/kanan dari tombol HOME. Ada juga yang berupa tombol ikon titik tiga buah di sebelah atas layar HP. 
  3. Apabila telah menemukan tombol option, selanjutnya anda cari dan pilih menu setelan.
  4. Berikutnya anda akan dihadapkan pada tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini (tampilan bisa jadi berbeda-beda):
  1. Kemudian anda pilih tampilan kontak, dan pilih email yang kita gunakan sebelumnya untuk membackup data-data kontak, seperti gambar berikut : 
Setelah kita memilih email yang kita gunakan untuk membackup data-data kontak tersebut, maka data-data kontak kita telah berhasil kita pulihkan, ditandai dengan daftar kontak di HP kita yang menunjukkan daftar kontak yang lama dari HP kita yang hilang tersebut. 

Baca Juga