Tutorial Menonton Video Youtube dengan Subtitle Indonesia

Youtube sekarang ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap smartphone. Lewat youtube orang dapat melihat berbagai video yang berisi tentang film, musik, ceramah, tutorial, vlog dan materi-materi lain. Video-video yang diupload ke Youtube berasal dari seluruh negara di seluruh dunia yang terdiri dari berbagai macam bahasa yang mereka pakai. Jadi terkadang kita melihat sebuah video yang menarik untuk kita tonton, tetapi terhambat oleh bahasa yang dipakai oleh orang yang di dalam video tersebut. Tapi jangan khawatir karena pihak Google selaku pemilik dari Youtube telah memikirkan mengenai hambatan tersebut. Jika di media web, google telah meluncurkan fitur berupa google translate, maka di Youtube, google juga meluncurkan fitur subtitle. Subtitle berguna untuk viewer yang tidak mengerti dengan bahasa yang dipakai oleh orang dalam video tersebut. Akan tetapi tidak semua video dalam youtube mempunyai kemampuan untuk mengaktifkan fitur subtitle tersebut. 
Untuk mengenali apakai video tersebut mempunyai fitur subtitle atau tidak anda dapat melihat icon di bawah setiap video di dalam youtube tersebut seperti gambar di bawah ini : 


Ikon subtitle sesuai dengan gambar di atas terletak pada sebelah kiri icon option (gambar Gear untuk di versi websitenya, sedangkan untuk versi mobilenya menggunakan gambar titik tiga buah di sebelah kanan atas video). Jadi jika anda menemukan video dengan icon tersebut berarti video tersebut mendukung penggunaan subtitle. Apabila anda ingin mencari video mana saja yang mempunyai fitur subtitle tersebut, anda dapat melakukan pencarian video yang diinginkan di kolom pencarian, setelah muncul daftar video yang ditampilkan, selanjutnya anda dapat melakukan filter (penyaringan) video mana saja yang punya subtitle atau tidak dengan menekan tombol icon seperti gambar di bawah ini : 


Jika anda tekan icon filter tersebut maka akan tampil menu seperti di bawah ini : 


Setelah muncul menu seperti di atas, anda tinggal tekan tulisan Subtitel/CC yang terletak pada kolom fitur. Selanjutnya youtube akan menampilkan seluruh video yang disertai dengan kemampuan subtitel, yang ditandai dengan adanya tulisan 'subtitle' di bawah judul  videonya. 
Pada setiap video yang mempunyai fitur subtitle tersebut, ketika anda ingin menontonnya dan untuk mengaktifkan subtitle anda tinggal menekan tombol subtitle tersebut, sehingga muncul garis merah di bawah icon subtitle tersebut seperti terlihat pada gambar di atas. Secara default, subtitle yang dimunculkan adalah berbahasa Inggris. Bagi yang kemampuan bahasa Inggris belum lancar, maka youtube juga menyediakan fasilitas penerjemahan otomatis ke berbagai bahasa, dengan cara menekan icon gear di sebelah kanan icon subtitle tersebut, sehingga muncul menu seperti gambari di bawah ini:

Selanjutnya anda hanya tinggal menekan tanda ' > ' pada baris subtitle/cc tersebut.  Sehingga akan muncul menu berikutnya seperti gambar di bawah ini : 


Untuk mencari bahasa yang diinginkan, anda tinggal menekan tulisan 'Terjemahan otomatis', yang selanjutnya anda akan dihadapkan dengan daftar pilihan bahasa subtitle yang didukung, seperti gambar berikut : 

Selanjutnya anda tinggal memilih bahasa subtitel mana yang diinginkan. Setelah anda memilih bahasa subtitle yang diinginkan, maka video youtube yang anda tonton akan menampilkan subtitle sesuai dengan bahasa pilihan anda. Selanjutnya selamat menikmati video youtube dengan subtitel bahasa indonesia.
Baca Juga