Dark Mode (Mode Gelap) - Fitur Tersembunyi Facebook Messenger

Siapa yang tidak kenal Messenger, aplikasi chat yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan aplikasi Facebook di sistem operasi Android. Tampilan warna yang selama ini dikenal dalam aplikasi Mesenger tersebut adalah dominan warna putih untuk backgroundnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini : 


Jadi dalam aplikasi tersebut terlihat monoton warna putih tanpa bisa kita merubah tampilannya. Akan tetapi sekarang pihak Facebook selaku pengembang aplikasi tersebut telah menghadirkan fitur tersembunyi (Easter egg) sehingga jika kita dapat menemukan fitur tersembunyi maka kita dapat merubah tampilan aplikasi messenger tersebut yang dominan putih menjadi dominan hitam (dark mode). Belum jelas kenapa pihak facebook masih menyembunyikan fitur dark mode tersebut, kemungkinan besar karena masih adanya beberapa bug ketiga diaktifkan fitur dark mode tersebut.
Untuk mengaktifkan dark mode tersebut sangatlah mudah dan cepat, tanpa perlu repot untuk memasang aplikasi tambahan atau melakukan root terhadap smartphone kita (no root needed). 
Keuntungan mengaktifkan fitur dark mode ini menurut saya adalah : 
  • Mata menjadi tidak mudah lelah ketika berlama-lama membuka aplikasi messenger ini.
  • Baterai menjadi lebih hemat karena layar masuk mode gelap (CMIIW)

Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Dark mode tersebut : 
1. Buka aplikasi Messenger seperti biasa
2. Pilih salah satu di daftar kontak yang akan diajak chat.
3. Kemudian anda kirim emoji moon seperti terlihat pada gambar berikut : 


4. Ketika anda mengirimkan emoji tersebut, pada layar anda akan muncul animasi bulan berjatuhan 

5. Di bagian atas juga akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa anda telah menemukan fitur tersembunyi dark mode.
6. Untuk mengatur dark mode tinggal pilih aktifkan fitur dark mode di notifikasi tersebut. 

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, selamat anda telah mempunyai tampilan mode yang baru di aplikasi messenger yaitu dark mode, seperti terlihat pada gambar berikut : 


 

Dengan tampilan dark mode tersebut, mempunyai keuntungan mata kita menjadi tidak mudah lelah ketika berlama-lama chat menggunakan aplikasi messenger tersebut. 
Dengan diaktifkannya dark mode tersebut di profil kita juga akan muncul menu baru untuk mengatifkan atau mematikan dark mode tersebut. Untuk membuka profil kita, tinggal tekan gambar foto kita di aplikasi tersebut, sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut : 


Di layar profil tersebut terlihat di bawah nama profil kita terdapat opsi untuk mengaktifkan dan mematikan fitur dark mode (mode gelap) tersebut.
Sebagai catatan, tidak semua messenger yang ada di smartphone anda bisa jadi tidak dapat menggunakan trik ini untuk mengaktifkan mode gelap, hal ini bisa disebabkan versi aplikasi mesengger anda yang belum di update. Jadi ketika anda tidak dapat mengaktifkan fitur mode gelap dengan trik ini, sebaiknya anda update  terlebih dahulu aplikasi messenger anda. Setelah anda update silahkan anda coba lagi trik ini dari langkah 1 lagi.
Jadi bagaimana menurut anda fitur dark mode (mode gelap) tersebut apakah membuat anda menjadi tidak mudah lelah menggunakan messenger, atau malahan dapat menghemat baterai anda. Silahkan mencoba.
Baca Juga