Free unlimited google drive tanpa edu email

Teknotutor.com - Akhir-akhir ini banyak sekali netizen yang berbondong-bondong berburu email yang diperoleh dari institusi pendidikan yang berada di luar negeri. Email tersebut seringkali disebut sebagai edu email, hal ini karena email tersebut mempunyai tld .edu, sedangkan di Indonesia sendiri institusi pendidikan (perguruan tinggi) mempunyai domain dengan tld ac.id. 
Edu email ini dapat kita peroleh dengan menjadi mahasiswa di kampus-kampus luar negeri tersebut (rata-rata dari Amerika Serikat). Untuk membuat edu email ini terdapat trik-trik tersendiri untuk mendapatkan, hal ini dikarenakan kita membuat edu email ini bukan bertujuan untuk menempuh pendidikan di sana, akan tetapi hanya untuk memperoleh manfaat yang dipunyai oleh edu email tersebut. 
Salah satu manfaat/kelebihan dari mempunyai edu email ini adalah mendapatkan akun Google Drive yang mempunyai kapasitas unlimited, sedangkan akun google drive yang bukan dari edu email hanya dibatasi kapasitasnya maksimal 15 GB setiap akunnya. Hal ini dikarenakan email yang dimiliki merupakan email gratisan, dimana untuk email yang berbayar dengan menggunakan produk G Suite kita juga akan mendapatkan fasilitas akun Google Drive yang mempunyai kapasitas unlimited juga. Hal tersebutlah yang menjadikan Edu email banyak di buru oleh netizen, bahkan sudah banyak yang menjualnya dengan harga yang murah (1$ saja).
Akan tetapi akun Google Drive yang diperoleh melalui edu email ini juga mempunyai beberapa kekurangan, diantara adalah terdapat kampus-kampus tertentu yang tidak dapat melakukan share isi Google Drive ketika secara publik dan bahkan ada beberapa akun Google Drive yang diperoleh dari edu email juga terkena banned.
Dengan melihat beberapa kekurangan tersebut, saya mencoba membagikan satu trik yang bisa netizen lakukan untuk mendapatkan akun google drive yang mempunyai kapasitas yang besar tanpa harus menggunakan edu email dan yang penting dan utama adalah tidak perlu bayar alias gratis…tis..
Ok, langsung saja apa yang diperlukan untuk melakukan trik ini yaitu adalah email dari gmail itu sendiri. Email gmail yang kita perlukan untuk melakukan trik ini bukan hanya 1 saja tetapi lebih dari satu, semakin banyak semakin baik.
Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menentukan email mana yang ingin kita jadikan sebagai email utama. Misal dalam kesempatan ini saya akan menentukan email utamanya adalah misalnya utama@gmail.com. Hal ini berarti email-email lain yang kita miliki dijadikan sebagai email tambahan saja.
Berikut ini adalah langkah langkah pertama yang harus anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas google drive tersebut, yaitu login ke salah satu akun google drive yang dijadikan sebagai email tambahan, misalnya dalam hal ini saya menggunakan akun google drive dengan alamat email tambahan1@gmail.com sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut :

Apabila telah masuk ke akun google drive dari email tambahan1@gmail.com tersebut, anda tinggal membuat folder baru di akun tersebut dengan memilih tombol "BARU" di sebelah kiri atas, setelah ditekan akan muncul pilihan sebagai berikut : 

Pada tampilan di atas, anda pilih "Folder" (karena kita akan membuat folder baru), berikutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :

Selanjutnya anda masukkan nama foldernya, misalkan disini saya kasih nama "C:", seperti terlihat pada gambar berikut ini:


Selanjutnya anda tekan "BUAT", sehingga akan muncul folder baru dengan nama "C:" di akun google drive kita di bagian "Drive Saya". Selanjutnya anda klik kanan nama folder tersebut sehingga muncul menu sebagai berikut : 
Setelah muncul menu di atas, selanjutnya yang perlu anda pilih anda pilihan "Bagikan", sehingga akan muncul tampilan isian siapa yang akan anda bagi isi dari folder yang kita pilih tadi. Dalam hal ini kita akan membagikan isi dari folder yang kita pilih tadi (yaitu folder C:) kepada email utama yang telah kita pilih tadi, yaitu di alamat "utama@gmail.com" (sebagai contoh di atas), sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut : 
Setelah mengisikan alamat email yang kita jadikan sebagai alamat email utama kita tersebut kita pilih tombol "KIRIM", sehingga muncul notifikasi "Dibagikan dengan satu orang" di bagian bawah kiri layar. 
Langkah selanjutnya adalah kita masuk ke akun Google Drive yang dijadikan sebagai email utama, sebagai contoh di atas akun Google Drive berada di alamat "utama@gmail.com". Apabila masuk ke akun google drive tersebut, selanjutnya kita pilih di bagian, sehingga di sana akan muncul nama folder dari email tambahan yang dibagikan hak aksesnya kepada email utama (dalam contoh ini adalah nama Foldernya adalah "C:", seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Dengan munculnya folder dari akun google drive lain yang telah dibagikan aksesnya dengan email utama tersebut maka kita dapat menjadikannya seperti folder lain yang berada di akun utama, yaitu dilakukan operasi copy dan paste, selain itu dengan adanya folder dari akun google drive yang muncul di akun utama tersebut menjadikan kapasitas akun google drive utama juga bertambah kapasitas menjadi 15 GB + 15 GB = 30 GB (dengan asumsi akun google drive yang dijadikan akun tambahan tadi masih kosong). 
Langkah selanjutnya untuk menambah/meningkatkan kembali kapasitas akun google drive utama, maka dapat dilakukan langkah-langkah seperti terhadap akun google drive tambahan yang pertama tadi. Akan tetapi sebagiknya nama folder di email tambahan berikutnya jangan sama satu dengan yang lainnya, dalam hal ini seperti contoh di atas saya pertama kali membuat nama folder "C:" dan selanjutnya diberi nama "D:" dan seterusnya terhadap email-email berikutnya. Sehingga nantinya di akun google drive kita akan muncul nama-nama folder dengan urutan dari C:, D:. E: dan seterusnya tergantung berapa banyak email tambahan yang kita miliki. Semakin banyak email tambahan yang kita miliki, maka semakin besar juga kapasitas dari akun Google Drive utama kita. 

Selanjutnya muncul beberapa pertanyaan, kenapa harus repot-repot melakukan trik ini, toh kapasitas tiap akun google drive juga sebenarnya nggak berubah masih tetap 15 GB saja. Alasan melakukan trik ini adalah kita menjadi lebih mudah untuk mengelola akun google drive kita (jika akun google drive kita banyak) tanpa harus login satu-satu ke setiap akun google drive tersebut, cukup hanya login ke akun Google Drive kita yang dijadikan sebagai akun utama, kita sudah bisa mengelola isi semua akun google drive yang kita punyai tersebut.
Baca Juga
Lihat Komentar