12 Manfaat Lari Pagi untuk Anak (Secara Fisik Maupun Psikologis)

Olahraga adalah hal yang sangat penting. Saat anak berusia 5 tahun maka sudah bisa diajak lari bersama.

Anak usia 5 atau 6 tahun biasanya sudah mampu melakukan teknik dasar berlari yang benar.

Anak-Anak Lari Pagi
Anak-Anak Lari Pagi | Photo credit: Kentpumpkinrun.com

Berikut berbagai manfaat lari pagi untuk anak:

1. Pentingnya Suasana Pagi
Usahakan untuk memotivasi anak untuk lari pagi, nantinya anak akan mendapatkan suasana pagi hari yang berdampak positif pada jiwa anak.

Anak yang terbiasa bangun pagi sejak kecil umumnya memiliki jiwa yang baik, lebih percaya diri dan disiplin. Dengan terbiasa bangun pagi keuntungan lain yang bisa diperoleh:
  • Anak punya banyak waktu untuk menyiapkan aktivitas harian.
  • Mendapatkan udara pagi yang menyegarkan.
  • Meningkatkan performa dalam beraktivitas.
  • Lebih bahagia dan terhindar dari stress.
  • Saat malam hari, tidur bisa lebih nyenyak.

2. Untuk Perkembangan Otot dan Tulang Anak
Untuk menunjang perkembangan fisiknya maka anak sangat disarankan untuk berolahraga secara rutin.

Anak-anak yang berlari kesana-kemari terkadang memang merepotkan, tapi walaupun begitu main lari-larian berguna untuk menunjang perkembangan fisik anak.

Berolahraga membuat otot dan tulang lebih kuat, selain itu juga membentuk postur tubuh anak dengan lebih baik, serta anak dapat lebih terhindar dari masalah obesitas.

3. Merangsang Sifat Rajin pada Anak
Seringkali anak hanya bermalas-malasan bermain gadget, terutama saat hari libur. Dengan mengajak anak lari pagi maka menjadi ‘jurus jitu’ untuk memunculkan sifat rajin.

Lari pagi membutuhkan perjuangan. Anak yang sudah terbiasa lari pagi berarti punya semangat dan kemauan yang kuat, ini sangat baik untuknya.

4. Anak-anak yang suka lari pagi memiiki tubuh yang lebih bugar, bersemangat, aktif dan lebih produktif.

5. Berolahraga seperti lari pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Hal ini berdasarkan penelitian yang berlangsung selama empat bulan.

6. Lari pagi dapat menumbuhkan sifat sosial anak. Saat lari pagi di di lapangan atau jalanan tentunya ada banyak orang di sekitar, dan mungkin akan berinteraksi dengan beberapa dari mereka. Hal ini baik untuk perkembangan sosial anak.

7. Anak yang memiliki rutinitas lari pagi umumnya lebih percaya diri.

8. Lari pagi membuat tubuh mendapatkan manfaat dari paparan matahari pagi dengan vitamin D alaminya, selain itu udara pagi terasa sangat menyegarkan.

9. Selain baik bagi fisik, lari pagi juga bermanfaat positif untuk kesehatan psikologis anak.

10. Berlari merupakan kemampuan wajib dari berbagai cabang olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis, basket, voli tenis, dll.

11. Lari pagi bersama antara orang tua dan anak bisa menjadi kegiatan yang seru, yang mempererat hubungan sesama anggota keluarga.

12. Lari pagi dapat meningkatkan koordinasi tubuh anak, melatih sistem kardiovaskular, menurunkan risiko gangguan kesehatan, hingga membentuk karakter anak yang lebih positif.

Penutup
Ingat!! Prioritas utama lari pagi bagi anak-anak yaitu bermain dan bersenang-senang. 

0 comments

Post a Comment