Harus Tau !! Inilah Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Dan Penyembuhan Penyakit

TIPS KESEHATAN ALAMI - Mungkin sudah banyak yang tau jika sinar matahari pagi banyak mengandung Vitamin D. Sedangkan untuk tanaman, cahaya matahari dimanfaatkan untuk berfotosintesis dan menciptakan makanannya. Tanpa cahaya matahari, takkan ada kehidupan di bumi. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan juga penyembuhan penyakit.

TIPS KESEHATAN ALAMI - Mungkin sudah banyak yang tau jika sinar matahari pagi banyak mengandung Vitamin D. Sedangkan untuk tanaman, cahaya matahari dimanfaatkan untuk berfotosintesis dan menciptakan makanannya. Tanpa cahaya matahari, takkan ada kehidupan di bumi. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan juga penyembuhan penyakit.    Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan   Untuk Kekebalan Saat kulit kita terkena sinar matahari, maka terjadilah penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan sampai dengan 3 minggu. Menurut sebuah penelitian, 10 menit berada dibawah sinar matahari satu-dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu sampai 30-40%.  Mengandung Vitamin D Pada saat sinar ultraviolet disaring oleh kulit, sinar tersebut akan merubah timbunan kolesterol dikulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama dengan menjadikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.  Mengurangi Gula Darah Sinar matahari dapat dikatakan sebagai insulin alami yang menjadikan fasilitas absorpsi glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini yang akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan dihati dan juga otot. Proses inilah yang menjadikan kadar gula darah pada tubuh menjadi turun.  Meredam Kolesterol Darah Proses ini merupakan kelanjutan dari proses diatas. Setelah kolesterol dibawah kulit dirubah menjadi vitamin D, maka otak dan badan akan menunjukkan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.  Meningkatkan Kesehatan Pernafasan Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan yaitu salah satu manfaat dari sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan kesehatan pernafasan, karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dibawah sinar matahari.  Membentuk & Memperbaiki Tulang Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena terkena paparan sinar matahari ternyata dapat meningkatkan absorpsi kalsium didalam badan. Proses ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang juga mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.  Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan terima kasih sudah berkunjung.
Sinar Matahari Pagi

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan 

➤ Untuk Kekebalan
Saat kulit kita terkena sinar matahari, maka terjadilah penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan sampai dengan 3 minggu. Menurut sebuah penelitian, 10 menit berada dibawah sinar matahari satu-dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu sampai 30-40%.
➤ Mengandung Vitamin D
Pada saat sinar ultraviolet disaring oleh kulit, sinar tersebut akan merubah timbunan kolesterol dikulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama dengan menjadikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.
➤ Mengurangi Gula Darah
Sinar matahari dapat dikatakan sebagai insulin alami yang menjadikan fasilitas absorpsi glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini yang akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan dihati dan juga otot. Proses inilah yang menjadikan kadar gula darah pada tubuh menjadi turun.
➤ Meredam Kolesterol Darah
Proses ini merupakan kelanjutan dari proses diatas. Setelah kolesterol dibawah kulit dirubah menjadi vitamin D, maka otak dan badan akan menunjukkan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.
➤ Meningkatkan Kesehatan Pernafasan
Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan yaitu salah satu manfaat dari sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan kesehatan pernafasan, karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dibawah sinar matahari.
➤ Membentuk & Memperbaiki Tulang
Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena terkena paparan sinar matahari ternyata dapat meningkatkan absorpsi kalsium didalam badan. Proses ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang juga mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.

Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat sinar matahari untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan terima kasih sudah berkunjung.

0 comments

Post a Comment