Inilah Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Berbagai Macam Penyakit

TIPS KESEHATAN ALAMI - Jika berbicara tentang ketumbar, pasti langsung muncul adalah bumbu dapur.Ketumbar alias bumbu dapur ini di Indonesia memiliki berbagai nama atau sebutan seperti katuncar (Sunda), ketumbar (Jawa & Gayo), katumbare (Makassar dan Bugis), katombar (Madura), ketumba (Aceh), hatumbar (Medan), katumba (Padang), dan katumba (Nusa Tenggara). 

TIPS KESEHATAN ALAMI - Jika berbicara tentang ketumbar, pasti langsung muncul adalah bumbu dapur. Ya memang benar, ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang wajib digunakan untuk memasak makanan. Ketumbar alias bumbu dapur ini di Indonesia memiliki berbagai nama atau sebutan seperti katuncar (Sunda), ketumbar (Jawa & Gayo), katumbare (Makassar dan Bugis), katombar (Madura), ketumba (Aceh), hatumbar (Medan), katumba (Padang), dan katumba (Nusa Tenggara).    Ketumbar  Ketumbar selain berguna sebagai bumbu masak, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga pengobatan penyakit. Beberapa kandungan aktif yang ada pada ketumbar yaitu :  -Sabinene -Myrcene -Alfaterpinene -Ocimene -Linalool -Geraniol -Decanal -Desilaldehida -Trantridecen -Asam petroselinat -Asam oktadasenat -D-mannite -Skopoletin -Psimena -Kamfena  -Felandren  Berkat kandungan itulah ketumbar memiliki reputasi yang baik sebagai bahan obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat ketumbar untuk kesehatan antara lain :  1.Sebagai Diuretik (Peluruh Air Kencing) 2.Antipiretik (Penurun Demam) 3.Stimulan (Perangsang) 4.Stomatik (Penguat Lambung) 5.Laxatif (Pencahar Perut) 6.Antelmintif (Mengeluarkan Cacing) 7.Menambah Selera Makan 8.Mengobati Sakit Empedu 9.Mengobati Bronchitis  Selain manfaat diatas, ketumbar juga dapat menyehatkan sistem pencernaan Ketika masuk ke dalam tubuh, karena ketumbar akan memproduksi zat dan cairan tertentu yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.  Tak hanya itu saja, ternyata ketumbar juga dapat mencegah diabetes. Dengan manfaat biji ketumbar, maka glukosa darah akan tetap terjaga . Oleh sebab itu, biji ketumbar dipercaya mampu untuk mencegah serta mengobati diabetes.  Selain itu, ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat keputihan untuk wanita. Cara menggunakannya cukup mudah, rendamlah biji ketumbar ke dalam air semalaman. Setelah itu saring dan minumlah hasil air rendaman tadi ketika perut anda kosong pada pagi hari. Lakukan secara rutin selama seminggu untuk hasil yang maximal.  Nah demikianlah informasi mengenai manfaat ketumbar untuk kesehatan juga mengobati berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat untu anda semuanya dan terima kasih sudah mau berkunjung kesini.
Ketumbar
Berkat kandungan itulah ketumbar memiliki reputasi yang baik sebagai bahan obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat ketumbar untuk kesehatan antara lain :

1.Sebagai Diuretik (Peluruh Air Kencing)
2.Antipiretik (Penurun Demam)
3.Stimulan (Perangsang)
4.Stomatik (Penguat Lambung)
5.Laxatif (Pencahar Perut)
6.Antelmintif (Mengeluarkan Cacing)
7.Menambah Selera Makan
8.Mengobati Sakit Empedu
9.Mengobati Bronchitis

Ketumbar selain berguna sebagai bumbu masak, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga pengobatan penyakit. Beberapa kandungan aktif yang ada pada ketumbar yaitu :


-Decanal
-Desilaldehida
-Trantridecen
-Asam petroselinat
-Asam oktadasenat
-D-mannite
-Skopoletin
-Psimena
-Kamfena 
-Felandren
-Sabinene
-Myrcene
-Alfaterpinene
-Ocimene
-Linalool
-Geraniol

Selain manfaat diatas, ketumbar juga dapat menyehatkan sistem pencernaan Ketika masuk ke dalam tubuh, karena ketumbar akan memproduksi zat dan cairan tertentu yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat keputihan untuk wanita. Cara menggunakannya cukup mudah, rendamlah biji ketumbar ke dalam air semalaman. Setelah itu saring dan minumlah hasil air rendaman tadi ketika perut anda kosong pada pagi hari. Lakukan secara rutin selama seminggu untuk hasil yang maximal.

Tak hanya itu saja, ternyata ketumbar juga dapat mencegah diabetes. Dengan manfaat biji ketumbar, maka glukosa darah akan tetap terjaga . Oleh sebab itu, biji ketumbar dipercaya mampu untuk mencegah serta mengobati diabetes.

Nah demikianlah informasi mengenai manfaat ketumbar untuk kesehatan juga mengobati berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat untu anda semuanya dan terima kasih sudah mau berkunjung kesini.

0 comments

Post a Comment