13 Hal yang Dibenci Introvert dalam Kesehariannya

Perbedaan sederhana antara ekstrovert dan introvert. Orang yang ekstrovert cenderung lebih suka situasi ramai. Adapun orang yang introvert lebih suka sendirian untuk kenyamanan.

Kepribadian Introvert cenderung menyimpan perasaan sendiri, dan introvert merupakan pengamat yang sangat baik dan terbiasa mempelajari situasi disekitar.

Ilustrasi Orang Introvert
Ilustrasi Orang Introvert | Photo credit: Unsplash.com

Introvert bukan berarti tidak mau bersosialisasi, mereka lebih mudah bersosialisasi pada orang-orang yang sudah dikenal baik.

Berikut hal-hal yang dibenci orang introvert:

1. Diajak ke Keramaian dalam Waktu Lama

Orang dengan kepribadian introvert kurang suka dengan suasana sangat ramai. Hal itu karena suasana ramai membuatnya cepat kehabisan energi.

Orang introvert bukan tidak bisa membaur, hanya saja tidak suka jika jumlahnya terlalu banyak.

2. Kerja Kelompok

Ini seperti saat sekolah atau kuliah. Biasanya mengerjakan soal sendiri, sekarang seorang introvert “dipaksa” untuk bergabung ke dalam sebuah kelompok yang berisi banyak orang.

Saat bekerja kelompok dbiasanya akan sering dilakukan diskusi, dimana setiap orang akan mengungkapkan pendapatnya.

Ini bisa menjadi masalah, dimana orang introvert sulit untuk diajak diskusi jika terlalu banyak orang dalam kelompok.

Sehingga biasanya orang introvert akan mengungkapkan pendapatnya secara personal ke satu orang, nah orang tersebut yang akan menjelaskan ke banyak orang.

Hanya saja, jika orang introvert sudah terbiasa dengan orang-orang di dalam kelompok, jangan kaget jika seorang introvert juga bisa bawel.


3. Diajak Jalan-Jalan (Kumpul-Kumpul)

Seorang introvert biasanya kurang semangat jika diajak jalan-jalan, ke pantai, ke pesta, reunian, dll.

Jika Anda punya teman introvert, mungkin Anda bisa mengajaknya mendaki gunung ataupun camping, dia mungkin mau.

Hal itu karena suasana mendaki gunung atau camping lebih hening dibandingkan dengan suasana pantai yang ramai.

4. Ditanya, "Kok lo pendiem banget, sih?"

Seorang introvert pada dasarnya cenderung pendiem, jadi tidak perlu menanyakan hal ini kepadanya. Orang introvert sangat sebel dan bosan jika ditanya kenapa dirinya pendiem banget.

Pada dasarnya seorang introvert tidak ingin menjadi pendiam, hanya saja dirinya terlalu takut untuk memulai interaksi.

Hal-hal lainnya yang mungkin dibenci orang introvert:

5. Ngomong di depan orang banyak. Orang introvert kurang suka jika menjadi pusat perhatian.

6. Berada di tengah kebisingan. Seorang introvert sangat senang dengan mendengar dirinya sendiri, jiwa mereka sangat damai jika orang di kanan-kiri tidak banyak bicara.

7. Ditanya soal lokasi (seperti mall, tempat wisata, tempat jual bensin eceran, dll). Orang introvert jarang keluar rumah, harusnya Anda menyadarinya untuk tidak menanyakan sesuatu yang di luar kemampuannya.

8. Bertemu orang baru. Orang introvert kurang suka kondisi dimana harus bertemu orang baru. Bukan karena benci orangnya, tapi karena introvert membutuhkan banyak energi untuk melakukan adaptasi pada orang baru. Hal ini tidak disukai introvert.

9. Tak ada ruang untuk menyendiri. Bagi introvert, waktu kesendirian adalah harta paling berharga yang harus dijaga. Jika tak ada waktu untuk sendirian, seorang introvert akan mengalami penderitaan.

10. Disindir gak punya teman. Seorang introvert sebenarnya tetap ingin mempunyai banyak teman, tapi karena keterbatasannya tersebut dia kesulitan untuk mencari teman baru.

11. Dicap sombong, gak peka, dll. Seorang introvert umumnya memiliki sifat yang sangat baik, jadi sangat menyakitkan jika dirinya dicap seperti itu. Seorang introvert pada dasarnya sangat malu untuk memulai pembicaraan. Pahamilah kondisinya tersebut!

12. Mengungkapkan Perasaan. Seorang introvert akan kesulitan saat diminta untuk mengungkapkan perasaannya.

13. Foto-foto. Seorang introvert cenderung tidak suka foto-foto, hal inilah yang membuatnya kurang suka hadir di acara reunian, dll. Di acara reuni biasanya sering dilakukan foto-foto.

0 comments

Post a Comment