Buah Buni , Si Kecil Imut Yang Punya Banyak Manfaat

TIPS KESEHATAN ALAMI - Buah buni adalah buah yang memiliki rasa manis, asam, juga sepat. Buah buni memiliki bentuk bulat kecil dengan warnanya yang ungu agak kehitaman jika sudah matang. Buah ini sering dijadikan campuran olahan rujak, karena memiliki rasa yang asam menyegarkan. Buah ini juga biasa di jadikan olahan selai. Buah yang biasa tumbuh didaerah pedesaan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho, nah apa saja sih manfaat dari buah buni ini, yuk simak bareng bareng :
Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan 
Mencegah Hipertensi.
Salah satu manfaat buah buni yang pertama adalah untuk Antihipertensi dan kesehatan jantung. Jika buah buni dikonsumsi secara rutin, maka resiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, juga aterosklerosis akan dapat teratasi, selain itu manfaat buah buni yang lain adalah untuk mengatasi anemia atau kurang darah.

Mencegah Cholesterol.
Manfaat yang kedua dari buah buni yaitu dapat digunakan untuk mencegah kholestrol tinggi. Hal ini sama seperti diatas, jika dikonsumsi secara rutin maka akan menurunkan risiko kholesterol tinggi dan juga menurunkan lemak pada tubuh.

Mencegah Kanker.
Buah Buni ini juga memiliki sifat antioksidan yang dapat bermanfaat untuk pencegah kanker dan penuaan dini. Zat antioksidan inilah yang bertugas untuk menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

Menjaga Daya Tahan Tubuh.
Kandungan Vitamin C dalam buah Buni ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, buah buni juga mengandung banyak serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan kanker usus (colon).

Mengobati Penyakit Sipilis.
Buah buni ini juga sudah dikenal dapat mengobati penyakit Sipilis, walaupun hal ini belum diketahui pasti riset-riset tentang buah Buni.

Memperlancar Saluran Pencernaan.
Anda mengalami masalah pencernaan, itu tandanya tubuh anda kekurangan serat. Nah untuk mengatasinya, anda dapat memanfaatkan buah buni, karena buah ini kaya akan serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Menjaga Kekebalan Tubuh.
Buah Buni juga berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Untuk menyegarkan tubuh setelah beraktifitas anda dapat mengonsumsi buah buni.

Kesehatan Mata.
Buah buni ternyata juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, selain itu juga dapat mencegah terjadinya mata rabun dini.

Peremajaan Kulit.
Vitamin C dan Vitamin E yang terkandung didalam buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dan vitamin E ini akan meningkatkan proses degenerasi kulit, juga menutrisi kulit, dan meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan ini, kulit akan terlihat lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.

Mengobati Bisul & Gatal Gatal.
Buah buni juga memiliki sifat anti-inflamasi dan diuretik alami. Sifat ini ternyata berguna untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit, seperti gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah Buni dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati luka dan gatal-gatal. Caranya silahklan haluskan/tumbuk daun/buah buni terlebih dahulu, kemudian oleskan pada luka.

Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah buni untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat hasil alam yang lain untuk kesehatan, namun nanti akan kita bahas di lain waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terimakasih sudah mampir.

0 comments

Post a Comment