Cara Mencegah Penyakit Usus Buntu Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Usus Buntu Secara Alami- Siapa yang tidak tau tentang penyakit usus buntu? Penyakit usus buntu dapat terjadi akibat adanya infeksi pada usus atau biasa disebut juga dengan radang usus. Usus buntu ini menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan. Usus buntu berguna untuk pertahanan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Letak usus buntu yaitu berada di bawah perut posisinya di bagian kanan. Salah satu penyebab terjadinya usus buntu yaitu karena tidak keluarnya makanan keras yang masuk ke dalam usus buntu. Hal ini yang mengakibatkan usus mengerut secara cepat dan menjadikan usus gampang mengalami radang.


Gejala-gejala awal yang ditimbulkan penyakit usus buntu yaitu:

- Pusar terasa nyeri kemudian bergerak hingga ke perut bagian kanan bawah
- Mual juga muntah
- Mengalami Demam
- Kembung atau bengkak pada bagian perut
- Mengalami Diare
- Kesulitan membuang gas atau kentut
- Nafsu makan menghilangnya

Nah agar terhindar dari penyakit ini tentu di perlukan adanya pencegahan. Ini ada beberapa cara untuk mencegah agar tidak terserang penyakit usus buntu, bagaimana caranya? mari kita simak :

1. Makan makanan tinggi serat


Penyakit usus buntu sangat jarang terjadi jika sistem pencernaan lancar. Nah salah satu penyebab terjadinya radang pada usus buntu adalah feses yang menumpuk, sehingga mengakibatkan penyumbatan pada usus. Nah hal ini dapat di atasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, hal itu akan mengurangi resiko feses menjadi keras dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Jenis makanan yang mengandung banyak serat terdapat pada sayuran-sayuran seperti wortel, buncis, kacang polong, kubis, tomat, aneka buah, gandum serta sereal.

2. Jangan biasakan untuk menahan buang air besar


Jika anda merasa ingin buang air besar, sebaiknya di segerakan saja. hal ini memang terlihat sepele, tetapi ini dapat menyebabkan terjadi radang pada usus buntu. Jika ditahan-tahan ini akan mengakibatkan feses menumpuk serta mengeras, Hal ini dapat menjadikan usus tersumbat dan akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya radang usus buntu. Hindari juga menahan membuang gas dari perut atau kentut karena hal ini bisa menyebabkan gangguan pada usus buntu.

3. Perbanyak mengkonsumsi air putih


Air putih banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, selain untuk mengatasi maupun mencegah berbagai penyakit membahayakan lainnya, mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari dapat mencegah terjadinya radang usus buntu. Konsumsilah air putih dengan cukup setiap harinya agar terhindar dari penyakit usus buntu dan juga penyakit lainnya. Terlebih untuk anda yang beraktifitas duduk di depan layar komputer hingga berjam-jam, ada baiknya sediakan air putih di meja kerja anda agar praktis.

4. Kenali gejala awal penyakit usus buntu


Cara yang selanjutnya adalah dengan memahami setiap gejala awal pada penyakit usus buntu, Jika pada gejala awalnya anda merasa kembung atau perut bengkak, dan sakit pada perut bagian kanan bawah, maka segeralah periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lebih dini. Agar dapat mengurangi resiko infeksi yang serius pada usus buntu. Karena apabila usus buntu sudah meradang, untuk mengatasinya adalah dengan jalan operasi.

Itulah beberapa tips cara mencegah penyakit usus buntu secara alami. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca dan jika sekiranya arikel ini bermannfaat, silahkan dapat di share ke kawan kawan anda.
Terimakasih sudah berkunjung.

0 comments

Post a Comment