Mau Tau Manfaat Buah Belimbing ?? Silahkan Baca ini

Belimbing adalah buah yang memiliki bentuk yang unik. Bentuk buah belimbing yang menyerupai bintang jika di potong potong, membuat buah ini sering di jadkan sebagai hiasan pada hidangan masakan. Buah belimbing memiliki rasa yang manis untuk buah yang sudah tua atau matang, untuk buah yang masih muda memiliki rasa yang sepat, biasanya buah belimbing muda sering di buat untuk makanan seperti rujak tumbuk. Buah belimbing sendiri tumbuh subur di Indonesia, dan hampir di setiap daerah dapat di temukan buah ini. Ini artinya tak sulit untuk menemukan buah yang satu ini. Selain memiliki bentuk unik dan rasa yang manis, buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho. Mau tau apa saja manfaat buah belimbing?? yuk kita simak bareng bareng :

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Mau Tau Manfaat Buah Belimbing

Sumber Antioksidan
Buah belimbing adalah buah yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Antioksidan tersebut seperti flavonoid polifenol. Nah senyawa inilah yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari efek kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Menyehatkan Pencernaan
Buah belimbing juga mengandung serat alami. Serat tersebut dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Tak hanya itu saja, serat ini juga dapat melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun, caranya dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker diusus besar. Dengan serat buah belimbing, maka pencernaan akan lebih sehat dan terhindar dari resiko gejala kanker usus besar.


Meningkatkan Kerja Enzim
Buah belimbing merupakan salah satu sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Vitamin vitamin tersebut sebagai co-faktor enzim dalam metabolism juga mendukung berbagai fungsi sintetis enzim yang ada didalam tubuh.


Pencegahan Kanker
Buah belimbing juga mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah serangan gejala kanker. Pada umumnya buah buahan yang banyak mengandung vitamin C,bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.


Mengurangi Kadar Kolesterol
Buah belimbing mengandung zat pectin, zat ini bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin akan mengikat kolesterol dan kemudian mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Buah belimbing bagus dikonsumsi untuk penderita gejala penyakit diabetes.

Mengatasi  Tekanan Darah Tinggi
Mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi yang terkandung didalam buah belimbing adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Komponen inilah yang akan membantu mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah. Dengan demikian pengaruh buruk dari sodium dapat ditekan. Penderita Hipertensi banyak melakukan terapi menggunakan buah belimbing dengan cara mengkonsumsinya secara teratur.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terimakasih sudah mampir kesini.

0 comments

Post a Comment