Tak Hanya Indah Di Pandang , Ternyata Bunga Mawar Juga Memiliki Banyak Manfaat , Yuk Intip Khasiatnya

TIPS KESEHATAN ALAMI - Bunga mawar adalah salah satu bunga yang di jadikan simbol romantis. Bunga mawar sangatlah khas, karena sering di jadikan alat atau bukti untuk menyatakan cinta. Bunga mawar mempunyai dua jenis warna, yaitu mawar merah dan putih. Masing masih bunga ini baik merah ataupun putih sama sama memiliki nilai keindahan. Maka tak jarang orang banyak menanam bunga mawar dirumahnya. Tak hanya memiliki bentuk yang indah dan menarik, ternyata bunga mawar ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga mawar untuk kesehatan, yuk simak bareng bareng :


Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Yaitu :

Melancarkan Datang Bulan / Haid
Bagi wanita yang sering mengalami haid tidak teratur, jangan kuatir, karena bunga mawar dapat mengatasi masalah yang anda alami. Caranya adalah dengan mencampurkan bunga mawar, bunga asoka atau siantan masing masing 15 gram, dan lidah buaya 90 gram. Bersihkan semua kemudian rebus ketiga bahan tersebut dengan 600 cc air. Tunggu sampai mendidih dan menyisakan kira kira 200 cc. Silahkan saring terlebih dahulu dan minumlah setiap dua kali sehari sesudah makan.



Mengurangi Nyeri Haid
Tak hanya dapat melancarkan haid saja, ternyata bunga mawar juga memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri saat haid. Caranya adalah siapkan 15 gram bunga mawar dan daun dewa. Cucilah semua bahan tersebut dan silahkan rebus bersama dengan 600 cc air, biarkan sampai mendidih hingga menyisakan 300 cc. Saring terlebih dahulu dan minumlah dua kali sehari agar mendapatkan manfaatnya.
Merawat Kulit
Bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Caranya adalah dengan memanfaatkan air bunga mawar, karena air bunga mawar ini dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Air ini juga dapat merawat kulit baik kulit kering atau berminyak.



Menghilangkan Jerawat
Jika anda memiliki masalah tentang jerawat, jangan kuatir, anda dapat menggunakan air bunga mawar sebagai obat alami untuk mengobati jerawat. Karena air ini mengandung banyak antioksidan dan juga sangat ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan mencuci muka air hangat yang dicampur dengan air bunga mawar secara rutin.



Menjaga Kesehatan Mata
Jika anda mengalami masalah dengan kantung mata hitam di bagian bawah mata, anda tak perlu kuatir. Karena anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan air bunga mawar. Tak hanya itu, air bunga mawar juga dapat mengobati kemerahan pada mata dan juga radang mata. Caranya dengan meneteskan dua atau tiga tetes air bunga mawar pada mata dan tutup mata beberapa saat. 



Merawat Kesehatan Rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut, anda juga dapat memanfaatkan air bunga mawar, karena air ini memiliki penyejuk alami yang berfungsi untuk melembabkan rambut secara alami. Silahkan gunakan beberapa tetes air bunga mawar saat anda sedang keramas. Air bunga mawar akan memberikan aroma khas pada rambut.



Mengurangi Bau Mulut
Bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut. Caranya adalah siapkan beberapa tangkai bunga mawar kemudian cuci sampai bersih dan rendam dengan satu gelas air dingin, gula batu secukupnya. Biarkan rendaman tersebut selama 1 malam. Jika sudah direndam 1 malam, langkah selanjutnya yaitu saring air rendaman tersebut dan minum sampai habis. Lakukan rutin dua kali dalam seminggu agar mendapatkan efek yang maximal.



Mengobati Kaki Bengkak
Jika anda sedang mengalami kaki bengkak, tentu membuat susah beraktifitas. Nah hal ini dapat diobati menggunakan khasiat bunga mawar. Caranya adalah silahkan siapkan 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung, masukan kedalam 600 ml air dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum dalam rentang waktu dua kali sehari untuk mendapatkan efek yang maksimal.



Menurunkan Tekanan Darah
Tak hanya bunganya saja yang memiliki manfaat, ternnyata bijinya pun juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol pada tubuh.



Melancarkan Pencernaan
Banyak orang mengalami masalah pencernaan, salah satunya yaitu susah BAB. Nah bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan masalah pencernaan, karena bunga mawar dapat menghilangkan limbah-limbah yang terdapat pada usus besar dan usus kecil manusia.

Relaksasi Diri
Relaksasi memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Karena dengan relaksasi ini maka stress yang disebabkan oleh ketegangan syaraf, psikosomatis, dan penyakit jantung akan berangsur angsur menghilang. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan berendam air hangat yang ditaburi bunga mawar secukupnya.



Di Buat Teh
Bunga mawar ternyata juga dapa dimannfaatkan menjadi teh herbal. Cara ini sangat baik untuk terapi dan obat stress, juga memberikan kesan unik saat meminum teh mawar. 



Pelengkap Rasa Khas
Air bunga mawar ternyata juga dapat digunakan sebagai pelengkap rasa makanan. Air bunga mawar akan memberikan kesan unik pada makanan.
Nah itulah beberapa manfaat dari bunga mawar untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, terimakasih sudah mampir kesini.

0 comments

Post a Comment