6 Cara Mempererat Hubungan Ibu dan Anak Perempuan

Hubungan Ibu dengan anak perempuannya adalah hal yang sangat penting. Ibu akan menjadi role model pertama yang akan dilihatnya.

Ibu-lah yang paling bisa mengerti tentang berbagai permasalahan yang dihadapi anak perempuannya.

Ibu dan Anak Perempuan
Ibu dan Anak Perempuan

Ibu menjadi yang terdepan untuk menghadapi curhatan-curhatan anak gadisnya. Berikut cara mempererat ikatan antara Ibu dan anak perempuan:

1. Menjadi Sahabat Terbaik

Semaksimal mungkin jadikan putri Anda merasa nyaman berada di dekat Anda, dan juga nyaman saat curhat pada Anda.

Sediakan waktu berkualitas untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan, serta tahan diri Anda dari mencela putri Anda ketika dia melakukan kesalahan.

Jika anak perempuan Anda terlalu sering dimarahi maka dikhawatirkan dia akan tertutup pada orang tuanya. Hal ini membuat Anda sebagai Ibu, tidak lagi dipercaya sebagai tempat curhat-nya.

2. Ajak Anak Perempuan Memasak Bersama

Anak perempuan perlu diajari memasak. Memasak bersama akan mendekatkan hubungan Ibu dan anak perempuan-nya.

Jangan malas mengajak anak perempuan Anda untuk memasak bersama, selain bermanfaat untuk mendekatkan hubungan, skill memasak sangat dibutuhkan untuk masa depannya nanti.


3. Berbelanja Dengannya

Umumnya wanita sangat suka berbelanja dan melihat berbagai macam produk yang sangat menarik menurutnya.

Sebagai Ibu, ajaklah anak peremuan Anda belanja bersama. Ini bisa menjadi cara bagus untuk membentuk ikatan emosional. Belikan beberapa barang yang diinginkannya sebagai hadiah istimewa.

Selain itu, ajak Anak untuk membantu memilihkan yang terbaik untuk Anda sendiri. Mintalah pendapat anak perempuan Anda. Misalnya bertanya: “Apakah baju ini cocok untuk Ibu?”.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Anak perempuan akan lebih sering curhat dibandingkan anak laki-laki. Anda sebagai seorang Ibu, perlu memanfaatkan hal ini untuk bisa mempererat hubungan dengan anak perempuan Anda.

Biarkan anak perempuan Anda curhat dan bercerita hingga dirinya puas, hal ini akan membuat si anak merasa sangat dekat dan nyaman dengan Ibunya.

Saat anak bercerita ataupun curhat, hindari melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang terlalu menyudutkan anak dan hindari mencela suatu hal dari curhatan anak. Hal itu karena dikahwatirkan si anak tidak lagi nyaman bercerita pada Ibunya, yang akhirnya menyebabkan renggangnya hubungan Ibu dan anak perempuannya.

Ingat! Berikan perhatian penuh saat anak curhat/bercerita. Berbicaralah dari hati ke hati.

5. Makan Bersama

Penelitian telah menemukan bahwa kegiatan makan bersama anak (baik itu saat sarapan, makan malam, dll) berdampak postif untuk perkembangan anak, baik itu dalam hal kemampuan sosial, kontrol emosional, kekuatan mental, nilai akademik, hingga kesehatan tubuh.

Dengan begitu, usahakan untuk melanggengkan kegiatan makan bersama anak. Selain berbagai manfaat tersebut, kegiatan makan bersama ini juga secara efektif merekatkan hubungan dengan sang anak.

6. Hal-Hal Lainnya yang Perlu Dilakukan

Tanyakan tentang pengalaman anak perempuan Anda hari ini, misalnya dengan menanyakan 'Ada hal seru apa hari ini?'. Atau bisa juga berbagi pengalaman antara Ibu dan anak perempuannya.

Ajak anak bermain bersama, bisa dengan cara pergi ke suatau tempat, atau hanya sekedar bermain di sekitaran komplek, bermain bersama akan mempererat hubungan.

Pastikan juga Ibu sering-sering memeluk anak perempuannya. Hal ini akan menimbulkan rasa saling mencintai dan sikap sama-sama menghargai.

Selain itu tunjukkan rasa sayang SETIAP HARI, ucapkan kalimat yang berisi bahwa Anda sangat menyanyangi anak perempuan Anda.

0 comments

Post a Comment