Anda Termasuk Introvert atau Ekstrovert? Kenali Ciri-cirinya

Tipe kepribadian pada dasarnya ada 2 yaitu introvert dan ekstrovert. Masing-masing tipe kepribadian memiliki kelebihannya masing-masing.

Nah, Anda cenderung ke tipe kepribadian yang mana?

Seorang Pria
Photo credit: Unsplash.com

Langsung saja, berikut perbedaan kepribadian antara introvert dan ekstrovert:

Type Introvert

Orang introvert dari luar tampak terlihat diam, tapi pikiran orang introvert sangat ramai.

Introvert memikirkan banyak hal di kepalanya, hal inilah yang membuat seorang introvert terlihat pendiam dan jarang mengobrol atau bercengkrama dengan orang lain.

Teman dekatnya mungkin hanya 2-3 orang, itu karena orang introvert kurang suka membaur dengan banyak orang.

Tidak membaur/bergaul bukan karena sombong, itu karena orang introvert merasa tidak nyaman saat mengekspos diri pada orang yang belum dikenal.

MENYENDIRI. Baik orang introvert maupun ekstrovert tentunya pernah menyendiri. Hanya saja orang introvert lebih sering menyendiri.

Saay menyendiri orang introvert biasanya membaca buku, komik, menonton film, browsing, bermain game, dll.

Orang introvert kesulitan untuk berada di tengah-tengah tempat ramai dalam waktu lama, energinya akan terkuras habis karena hal itu. Orang introvert lebih terbiasa untuk menyendiri.

BERPIKIR JANGKA PANJANG. Orang introvert umumnya sangat handal dalam merancang rencana yang bersifat jangka panjang.

Dibandingkan ekstrovert, orang introvert lebih detail dalam memperhatikan hal-hal di dalam rencananya, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dalam membuat rencana.

Adapun orang ekstovert dalam membuat rencana biasanya sangat cepat prossesnya, tapi tidak terlalu detail (lebih cenderung bersifat lihat saja nanti), sehingga seringkali terjadi perubahan-perubahan di dalam rencananya.

Type Ekstrovert

Berbeda dengan introvert, orang ekstrovert cenderung suka melakukan banyak interaksi, walaupun itu pada orang yang belum dikenal.

Sehingga jenis aktivitas orang ekstrovert yaitu aktivitas yang mengkondisikan untuk banyak melakukan interaksi atau obrolan dengan orang lain.

Orang ekstrovert suka bertemu banyak orang, disamping juga dirinya suka jalan-jalan/wisata.

Hal yang sering dialami para ekstrovert adalah lupa waktu karena terlalu asyik mengobrol dengan orang lain.

MENGAMBIL KEPUTUSAN. Orang ekstrovert cenderung lebih cepat dalam mengambil keputusan dibandingkan orang introvert.

Hal itu karena orang introvert memiliki banyak pertimbangan sebelum mengambil keputuan. Orang introvert juga sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan, sehingga terkesan lambat.

Orang ekstrovert lebih dinamis terhadap perubahan, dibandingkan orang introvert yang cenderung statis (walaupun tidak sepenuhnya).

Berikut Perbandingan Lainnya Introvert dan Ekstrovert:


  • Orang introvert lebih nyaman menggunakan waktunya untuk berada di tempat sepi. Orang ekstrovert merasa nyaman saat bertemu orang-orang.
  • Orang introvert lebih senang saat bekerja sendiri. Orang ekstrovert lebih senang saat kerja kolompok.
  • Orang introvert lebih suka mendengarkan (sehingga menjadi pendengar yang baik). Orang ekstrovert lebih suka berbicara.
  • Dalam penggunaan sosial media. Soal jumlah like, introvert tidak peduli berapa like yang dia dapatkan, adapun ekstrovert akan menghitungnya.
  • Introvert butuh waktu (untuk menyiapkan mental) saat bertemu orang baru. Adapun bagi ekstrovert, bertemu orang baru adalah sesuatu yang menarik.

0 comments

Post a Comment