Faktor Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Faktor Penyebab Bau Badan Tak Sedap - Bau badan memang membuat manusia kurang percaya diri. Hal ini biasa di sebabkan oleh keringat yang berlebih. Sebenarnya bau badan ini tak semuanya di sebabkan oleh keringat yang keluar dari dalam tubuh kita, namun banyak faktor yang memicu timbulnya masalah bau badan tak sedap ini. Beberapa faktor yang dapat memicu bau badan tak sedap di antaranya adalah seperti aktifitas tubuh yang berlebihan, faktor pikiran dan juga makanan yang biasa di konsumsi. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang beberapa faktor penyebab bau badan tak sedap, mari kita simak langsung bareng bareng.

Beberapa Faktor Penyebab Bau Badan Tak Sedap.

1. Asam Isovalerik
Penyebab bau badan yang pertama bisa di sebabkan oleh Asam isovalerik. Asam isovalerik ini di produksi oleh kuman atau bakteri yang dapat berkembang pada bagian kulit yang lembab.

2. Asam Propionat
Untuk penyebab bau badan yang kedua dapat di sebabkan oleh faktor asam propionat. Asam propionat atau biasa di sebut juga asam propanoat, bau seperti ini sama dengan bau asam yang terdapat pada cuka. Asam jenis ini merupakan hasil uraian keringat oleh propionibacteria. Ini adalah bakteri yang dapat hidup di saluran kelenjar sabasea manusia saat berusia remaja dan dewasa.

3. Stres Berlebihan
Stres yang berlebih ternyata juga dapat mengakibatkan bau badan tak sedap juga lho. Pasalnya ketika orang mengalami stres yang berlebihan, maka hormon tubuh atau kelenjar apokrin yaitu kelenjar penghasil kerigat, akan secara otomatis meningkatkan produksi keringatnya. Hal ini yang menjadi pemicu bau badan, maka jangan sres stres ya.

4. Perubahan Hormon
Nah faktor penyebab bau badan yang selanjutnya adalah perubahan hormon. Perubahan hormon ini biasanya terjadi saat orang menginjak usia dari usia kanak kanak menuju remaja. Perubahan hormon tersebut adalah hormon androgen.

5. Kebiasaan Minum Alkohol
Bau badan juga bisa di sebabkan oleh minuman yang biasanya kita konsumsi, contohnya seperti alkohol. Orang yang biasa minum alkohol akan lebih sering megeluarkan keringat dan bau badan, karena minuman ini di proses bersama hati. Kandungan alkohol yang diminum, 10% akan di keluarkan melalui kelenjar keringat pada tubuh.

6. Bawang Putih
Bawang putih memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Namun ternyata bawang putih juga dapat menyebabkan bau badan tak sedap lho. Tak hanya bau badan saja, namun bawang putih juga dapat menyebabkan bau mulut juga. Untuk terhindar dari bau badan dan juga bau mulut tak sedap, dapat di atasi dengan mengurangi konsumsi berlebihan dari bawang putih.

7. Daging
Salah satu bahan makanan yang dapat menyebabkan bau badan adalah daging. Oranng yang sering mengkonsumsi daging akan lebih bau badan jika di bandingkan dengan orang ornag yang sering memakan sayur sayuran, karena daging memiliki sifat yang tidak mudah di cerna oleh tubuh.

8. Makanan Yang Mengandung Senyawa Metil
Bahan makanan yang mengandung senyawa metil ternynata juga dapat memicu bau badan btak sedap. Bahan makanan yang mengandung senyawa metil diantaranya adalah sayur bayam, buah bir, dan juga beberapa olahan makanan dari kedelai.

Itulah beberapa faktor penyebab bau badan tak sedap. Sebenarnya mungkin masih banyak lagi faktor faktor lain mengenai penyebab bau badan tak sedap ini, mungkin akan kita bahas di lain waktu. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dan terimakasih sudah sudi mampir kesini.

0 comments

Post a Comment