Manfaat Akar Putri malu Untuk Kesehatan

TIPS KESEHATAN ALAMI - Sensitive plant sebutan tumbuhan putri malu di negara Inggris adalah tanaman yang mempunyai ciri khas berduri yang terdapat pada daunnya. Jika daunnya disentuh maka akan layu seperti malu-malu. Tanaman ini termasuk kategori tanaman parasit, walaupun tanaman ini cukup memiliki keunikan, hal itu disebabkan karena tanaman ini memiliki duri yang menganggu. Tetapi walaupun tanaman ini merupakan tanaman parasit, ternyata tanaman ini memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan, nah beritut ini adalah beberapa manfaat akar putri malu untuk kesehatan :


Untuk Meningkatkan Gairah Libido
Untuk anda yang sudah berkeluarga, menjaga keharmonisan rumah tangga adalah hal penting yang harus di lakukan, salah satunya dengan cara meningkatkan gairah atau libido. Namun mengatasi hal tersebut, dapat dengan mengkonsumi akar putri malu sebagai obat herbal, karena akar putri malu dapat meningkatkan birahi. Namun perlu di ingat, bahwa akar putri malu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui dan anak-anak, karena dapat berakibat fatal.

Untuk Sebagai Obat Kolera
Penyakit kolera ini terjadi faktor utamanya akibat adanya bakteri Vibrio Cholerae. Nah kandungan akar dari putri malu ini telah terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit yang satu ini.Namun Ini hanya saran alternative saja, penyakit kolera ini memang cukup berbahaya bila dibiarkan, oleh sebabnya konsultasikan dulu dengan dokter ahli atau spesialis.

Untuk Sebagai Anti Racun
Manusia sendiri sudah memiliki anti racun yang cukup baik, tapi belum cukup kuat untuk melawan virus yang kuat atau banyak. Ekstrak akar putri malu ini ternyata dapat berguna untuk benteng utama dalam mencegah virus dan bakteri yang mematikan yang masuk ke dalam tubuh kita. Seperti misalnya menangkal racun Ular Naja-Naja, Echis Carinatus dan Vipera Ruselli.

Untuk Mencegah Kehamilan
Akar putri malu ternyata juga dapat mencegah kehamilan, namun cara ini tidak dibenarkan, karena akan banyak resiko apabila kehamilan dicegah. Fakta menyebutkan bahwa akar putri malu ini dapat menghambat Hormon Ganadotropin, hormon ini yang menghambat proses kehamilan. Hal ini sudah di buktikan dan dipraktekkan dalam tes laboratorium, dengan mengkonsumsi akar putri malu selama 21 hari dengan dosis tertentu. Cara ini sudah banyak dipraktekan dibelahan bumi timur seperti negara India.

Untuk Mengatasi Pendarahan di Saluran Kencing
Akar putri malu ini sudah lama dijadikan obat untuk mengatasi pendarahan pada saluran air kencing / saluran kandung kemih. Tak hannya itu saja, pendarahan diberbagai organ pada tubuh ini dapat diatasi dengan ekstrak akar putri malu ini. Tapi akar putri malu ini hanya sering digunakan untuk mengatasi pendarahan saluran kencing saja.

Untuk Mempercepat Regenerasi Sel Saraf
Akar putri malu juga terbukti ampuh untuk mempercepat penyembuhan sel-sel saraf yang rusak.  Hal ini telah dibuktikan berhasil pada hasil penelitian para ahli. Contohnya apabila bagian tubuh manusia mengalami luka maka sel-sel saraf yang berukuran nano akan rusak. Agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat dapat di bantu dengan akar tanaman putri malu.

Untuk Menyembuhkan Luka
Akar putri malu terbukti ampuh untuk menyembuhkan luka, karena kandungan Fenol yang di miliki akar putri malu, Fenol yaitu zat atau senyawa yang dapat membunuh bakteri pada luka, sehingga mencegah terjadinya infeksi dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian, mencoba diberikan ekstrak akar putri malu sebanyak 2% konsentrasi dan itu terbukti cepat menyembuhkan luka.

Untuk Obat Batuk Berdahak
Akar putri malu ternyata juga dapat sebagai alternative untuk mengaobati batuk berdahak. Tak perlu kawatir, karena hal ini sudah di buktikan oleh penelitian para ahli yang menunjukkan bahwa akar putri malu ampuh atasi batuk berdahak.

Itulah beberapa manfaat akar dari tumbuhan putri malu yang di kenal dengan tumbuhan parasit. Walaupun dikenal dengan tumbuhan parasit, tetapi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, terimakasih sudah mampir.

0 comments

Post a Comment