Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan- Buah pir mempunyai rasa yang manis dan sangat menyegarkan, apalagi jika di konsumsi pada saat siang hari di waktu matahari sedang terik teriknya. Buah pir memiliki kandungan air yang berlimpah, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan dahaga pada tubuh kita. Buah pir ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah pir juga bermanfaat untuk merawat kecantikan lho, Nah dalam artikel ini akan kita bahas beberapa manfaat buah pir untuk kecantikan, diantarannya yaitu :


1. Mencegah Kerusakan Kulit :

Buah pir mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Serat didalam buah pir ini akan mengurangi kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah, yang mencegah kerusakan kolagen(sejenis protein) pada kulit yang dapat disebabkan karena seringnya lonjakan gula darah. Unntuk itu kita bisa mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

2. Mencegah keriput :

Mengkonsumsi buah pir secara rutin akan menjauhkan kulit kita dari penuaan dini. Buah pir ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan tembaga. Semua elemen ini bermanfaat untuk memerangi radikal bebas yang berbahaya, sehingga sel-sel kulit kita akan terlindung dari kerusakan parah.  Hal ini akan membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata kita serta daerah bibir.

3. Mengobati Kulit Berminyak : 

Buah pir juga berkhasiat untuk mengobati kulit yang berminyak. Caranya hanya dengan menghancurkan buah pir kemudian mencampurkannya dengan madu. Nah silahkan gunakan untuk masker wajah 3 kali seminggu sehinnga akan mengurangi seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit Anda.

4. Kulit Bebas jerawat : 

Buah pir mengandung vitamin dan mineral cukup penting dengan kadar tinggi, oleh karena itu buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Maka dari itu kulit akan menjadi semakin kuat melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

5. Pelembab kulit alami : 

Tak hanya baik untuk kulit berminyak, ternyata buah pir juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Pir mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit. Silahkan gunakan ekstrak buah pir untuk pembuatan lotion pelembab. Selain itu minum secara rutin jus buah pir dapat membuat kulit menjadi halus.

6. Scrub natural yang Efektif : 

Buah pir juga ampuh untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang ada di lapisan permukaan kulit. caranya dengan mencampurkan pir tumbuk kedalam paket wajah biasa, dan kelupaskan kulit Anda dengan itu. Selain itu ekstrak buah pir juga bermanfaat untuk melembutkan kulit karena akan mempercepat pergantian sel kulit mati.


7. Baik untuk Perawatan Bibir : 

Adanya asam laktat yang terkandung di dalam buah pir  bermanfaat untuk menjaga sel-sel bibir agar tetap sehat dan terhidrasi lebih lama, sehingga bibir Anda menjadi lembut dan halus.

8. Anti-inflamasi alami : 

Sifat anti inflamasi yang di miliki buah pir sangat bermanfaat untuk kulit. Dengan mengkonsumsi buah pir atau menggunakan sebagai produk kecantikan yang mengandung ekstrak pir hal ini tidak menimbulkan reaksi alergi.

9. Menutrisi Rambut : 

Buah pir juga berkhasiat untuk membuat rambut menjadi sehat dan bergizi. Pir yang banyak mengandung sorbitol atau glusitol adalah buah pir yang sudah masak, dan yang berfungsi memberi makan akar rambut, menjaga kulit kepala, serta membuat rambut lembap dan sehat .

10. Mengurangi Rambut kering:

Buah pir dapat berfungsi sebagai pelembab yang bermanfaat untuk mengurangi kekeringan pada rambut kita. Selain itu, vitamin C yang sebagai antioksidan alami akan membantu menjaga kesehatan sel-sel rambut dan membuatnya halus.

11. Menjinakkan Rambut Keriting : 

Untuk mencegah rambut kusut dan kusam silahkan konsumsi buah pir secara rutin. Apabila  memiliki rambut keriting hal ini akan menjadi lebih mudah diatur.

12. Mengembalikan rambut kusam: 

Buah pir juga bermanfaat untuk mengebalikan rambut kusam. Caranya dengan menyiapkan masker rambut alami, yaitu dengan mencampurkan ekstrak 1 buah pir segar dan matang, 2 sendok makan cuka sari apel dan air. Hal ini akan berfunngsi untuk mengembalikan rambut yang kusam menjadi kembali berkilau.

13. Merawat rambut ikal: 

Buah pir juga dapat merawat rambut ikal agar menjadi tampil menarik. Caranya adalah kupas buah pir kemudian haluskan, lalu bentuk menjadi pasta halus dengan cara menambahkan minyak kedelai. Silahkan ratakan pasta ini keseluruh rambut secara merata. Diamkan selama satu jam kemudian keramasi rambut dengan menggunakan sampo ringan.


0 comments

Post a Comment