Manfaat Melon Untuk Wanita Hamil

TIPS KESEHATAN ALAMI - Buah melon adalah buah yang mudah di jumpai di mana saja. Buah melon memiliki tektur kulit yang kasar dan memiliki warna kulit kuning kehijau hijauan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan juga memiliki aroma yang sangat khas. Buah ini juga termasuk buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi. Sehingga buah ini sangatlah cocok bila dikonsumsi pada saat matahari sedang terik dan panasnya menyengat, karena buah ini memiliki efek yang menyegarkan. Tak hanya menyegarkan, ternyata buah melon juga memiliki banyak manfaat, apalagi untuk wanita yang sedang hamil. Nah berikut ini ada beberapa manfaat buah melon untuk wanita hamil, diantaranya adalah :

Manfaat Melon Untuk Wanita Hamil

Menghilangkan rasa mual berlebih
Yang sering di rasakan oleh wanita pada saat hamil adalah mengalami mual mual. Nah ternyata buah melon dapat membantu mengatasi mual pada saat hamil. Rasa manis dan segar yang dimiliki buah melon ternyata dapat membantu mengatasi rasa mual yang berlebih. Anda hanya cukup memakan beberapa potongan kecil buah melon, hal ini akan membuat nyaman untuk perut dan badan menjadi segar.

Mengatasi sembelit
Masalah sembelit sering terjadi pada ibu hamil, apalagi pada trimester pertama. Sembelit pada ibu hamil ini di karenakan proses pencernaan berjalan lebih lambat. Nah karena buah melon memiliki serat alami, maka dari itu ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya agar tidak terjadi sembelit. Cukup makan beberapa potongan kecil saja, tidak perlu banyak banyak.

Membantu pembentukan tulang dan gigi
Buah melon mengandung fosfor dan kalsium, untuk 100 gram melon kurang lebih mengandung 15mg kalsium. Nah kalsium ini yang akan membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Kalsium ini sangat dibutuhkan untuk wanita hamil, karena kalsium bermanfaat untuk pembentukan struktur kerangka tulang dan mengurangi resiko tulang rapuh, hal ini sering terjadi pada wanita pasca melahirkan.

Meningkatkan sistem imun
Buah melon mengandung vitamin C dan zat karotenoi, kandungan inilah yang akan membantu ibu hamil untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Karena pada saat wanita hamil, system kekebalan tubuh akan menurun, untuk itu manfaat buah melon sangat di butuhkan. Jika system kekebalan tubuh sudah terbentuk dengan baik, maka ibu hamil akan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Perlu di ingat :
Walaupun buah melon memiliki banyak manfaat, tetapi jika salah mengkonsumsinya, maka dapat membahayakan ibu hamil. Buah melon berbahaya dikonsumsi apabila sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria dan toksoplasma, karena bakteri ini dapat menyebabkan keguguran, kematian pada ibu hamil dan juga cacat pada janin yang ada didalam kandungan.

Bakteri listeria dan toksoplasma dapat masuk kedalam buah melon jika buah melon menempel langsung ke tanah. Maka dari itu untuk menghindari bahaya itu, mengonsumsi melon dengan cara yang benar sangat di anjurkan. Tips memilih buah melon, pilihlah buah melon yang masih segar dan tidak ada luka pada bagian kulit buah.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah melon dan juga bahayanya. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih sudah mampir kesini.

0 comments

Post a Comment