Penyebab Kulit Ketiak Menghitam

Penyebab Kulit Ketiak Menghitam- Ketiak adalah bagian tubuh yang berada dibawah lengan yang tersembunyi. Ketiak juga memiliki kulit yang sangat sensitif. Ketiak adalah kulit yang memiliki banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang mudah iritasi akibat penggunaan deodoran, krim atau bahan kimia lainnya sehingga menebabkan kulit di area ini cepat menghitam. Walaupun ini bukan suatu masalah yang serius, namun ternyata kulit ketiak yang menghitam ini juga bisa menjadi tanda adanya suatu kelainan atau penyakit dalam tubuh. Maka dari itu, Apabila kamu menemukan kondisi dimana kulit ketiak tiba tiba mendadak menjadi hitam, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi langgananmu.


Ini ada beberapa faktor penyebab ketiak menjadi hitam, diantaranya yaitu :
1. Penggunaan Deodoran


Menggunakan deodoran adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau badan, tapi ternyata jika terlalu sering menggunakan antiperspirant deodorant, maka dapat memicu diskolorasi atau perubahan warna kulit ketiak. Deodoran yang mengandung bahan kimia, dapat memicu tubuh untuk bereaksi dan kemudian menghasilkan pigmen gelap pada kulit ketiak. Para pakar kesehatan sudah menyarankan untuk menghindari penggunaan antiperspirant deodorant, karena dapat memicu timbulnya ketiak hitam.
2. Seringnya Mencukur


Mencukur rambut di area ketiak juga dapat menyebabkan kulit ketiak jadi menghitam. Pada saat mencukur, itu hanya menghilangkan rambut pada permukaan kulit saja, namun tidak menghilangkan akarnya. Akibatnya adalah sisa rambut yang ada didalam kulit akan menyebabkan noda yang berwarna hitam dan cukup terlihat jelas. Cara menghindari hal ini adalah cukup dengan menggunakan wax dan bukan menggunakan pisau cukur.
3. Penumpukan Sel Kulit Mati
Menurut keterangan para ahli dermatologi, tentang penumpukan sel kulit mati pada area kulit ketiak dapat menyebabkan warna hitam pada permukaan kulit, terutama jika kulit ketiak sering dicukur untuk menghilangkan bulunyanya. Nah untuk mengurangi sel kulit mati tersebut, maka kamu harus rutin melakukan eksfoliasi atau pengelupasan.

4. Infeksi Bakteri


Infeksi bakteri juga dapat menjadi pemicu timbulnya noda hitam pada kulit, terutama kulit ketiak atau biasa dikenal dengan istilah erythrasma. Dilansir oleh LiveStrong.com, ada beberapa jenis bakteri seperti Corynebacterium Minutissimum yang menyebabkan timbulnya noda yang berwarna pink dan kemudian akan berubah menjadi berwarna hitam. Menurut hasil penelitian ilmuwan National Institutes of Health, infeksi ini lebih sering terjadi pada mereka yang tinggal di daerah beriklim panas dibandingkan dengan beriklim dingin.
5. Kelainan
Kelainan tubuh seperti acanthosis nigricans dikenal juga sebagai salah satu faktor pemicu menggelapnya kulit ketiak. Kondisi ini dapat terjadi pada mereka yang kekurangan insulin pada penderita diabetes dan juga mereka yang memiliki masalah obesitas. Kelainan ini tak hanya menyerang dibagian ketiak saja, namun juga dibagian leher, lengan dan juga bagian tubuh lain yang sering terpapar sinar matahari.
6. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi atau penggelapan kulit juga dapat menjadi salah satu penyebab menghitamnya kulit ketiak. Masalah ini biasa disebabkan oleh produksi pigmen melamin yang berlebihan. Produksi pigmen melamin yang berlebihan dipicu oleh sinar matahari atau faktor lainnya.

0 comments

Post a Comment