19 Cara Kreatif Menghemat Pesta Pernikahan

Tentu perlu modal dalam melakukan pernikahan. Hal yang sangat dipikirkan adalah besarnya biaya pesta nantinya.

Pesta pernikahan adalah acara yang paling meriah. Umumnya biaya yang diperlukan sangat besar, sehingga tidak jarang berhutang.

Pesta
Photo credit: 

Berikut upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pernikahan:

1. Dekorasi Minimalis

Dekorasi pelaminan bisa dibuat minimalis untuk mencegah pengeluaran yang tidak perlu. Di masa sekarang ini umumnya dekorasi dibuat sederhana.

Hal ini berbeda dengan dekorasi dari aturan tradisi yang biasanya memerlukan banyak biaya.

Minta bantuan teman jika Anda memiliki teman yang punya kemampuan men-dekorasi, sehingga biayanya lebih murah.

Lebih baik gunakan bunga palsu untuk dekorasi, karena harga bunga asli lumayan mahal. Biasanya tamu tidak ada yang peduli itu bunga asli atau palsu.

2. Gunakan Teknologi

Di masa teknologi maju sekarang, untuk mengundang tidak lagi terlalu mengandalkan kartu undangan berbentuk kertas, karena biayanya cukup mahal.

Pada teman-teman Anda yang sudah melek teknologi, Anda bisa mengundang pernikahan secara online.

Sehingga pengeluaran biaya untuk membuat kartu undangan kertas bisa diminimalisir.

Teknologi secara efektif menyederhanakan kebutuhan tiap manusia. Desain undangan bisa dibuat secara online, bisa juga dengan bantuan software seperti CorelDraw.

Kalau bisa, minta bantuan teman Anda yang jago dalam mendesain.


3. Cincin

Cincin pernikahan tidak harus mahal. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cincin bekas atau yang sudah ada, atau juga menggunakan cincin warisan dari kakek-nenek.

Harga cincin sangat mahal, lebih baik manfaatkan yang sudah ada.

4. Tidak Perlu Mewah

Pesta tidak perlu mewah, yang penting berkesan. Buang pikiran bahwa pesta pernikahan sebagai ajang bermewah-mewahan.

Jangan menyewa gedung berkapasitas ribuan orang jika yang hadir tidak sebanyak itu. Pastikan uang yang keluar hanya untuk hal-hal yang diperlukan.

Yang penting berkualitas, tidak perlu mewah.

5. Makanan

Makanan adalah hal yang sangat penting di dalam walimah/pesta. Pilihlah jenis makanan yang umumnya disukai orang.

Pastikan jumlah makanan mencukupi untuk para tamu, Anda perlu memperkirakaan berapa tamu yang akan hadir.

Tidak perlu makanan mewah, cukup makanan sederhana (lokal) tapi bisa memuaskan para tamu. Sediakan makanan yang umum di masyarakat.

Sebagai ide, berikut makanan yang biasanya disediakan di acara walimah:
  • Nasi goreng, ini merupakan makanan khas dan favorit orang Indonesia.
  • Daging ayam, rendang, atau semacamnya.
  • Ayam goreng bisa digoreng biasa, ditumis kecap, diberi tepung, atau cara lainnya.
  • Sate ayam, kambing ataupun sapi. Kalau bisa disertakan lontongnya.
  • Sup ayam atau jenis sup lainnya.
  • Mie goreng (alternatif untuk orang yang tidak mau nasi).
  • Jajanan yang umum di masyarakat seperti bakso, siomay atau lainnya.
  • Minuman. Bisa berupa air putih -mode hemat-, ataupun menyediakan minuman segar. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki.
  • Beberapa jenis buah-buahan.
  • Es krim, membuat suasana jadi dingin dan nyaman untuk para tamu undangan.

6. Jika Anda punya teman seorang fotografer, lebih baik menggunakan jasanya saja sehingga bisa lebih hemat.

Loading...

7. Lebih baik gunakan bunga kertas/plastik, hal itu karena bunga asli harganya lumayan mahal. Bunga asli memang terlihat menyegarkan, tapi siapkan biaya besar untuk membelinya. Atau bisa juga mengakalinya dengan mengombinasikan keduanya.

8. Hilangkan acara tradisi jika memungkinkan, karena memakan banyak sekali biaya. Tapi jika memang tidak bisa, mau apa lagi.

9. Hindari pengeluaran yang tidak perlu. Contohnya: tidak perlu menyiapkan banyak meja, pesta pernikahan umumnya hanya menyediakan kursi untuk para tamu, mereka tidak membutuhkan meja.

10. Lebih baik menyewa daripada membeli berbagai aksesoris pesta pernikahan. Membeli baru akan membutuhkan banyak biaya, apalagi setelah itu tidak digunakan sama sekali.

11. Manfaatkan keterampilan teman Anda, seperti kemampuan fotografi, make up, dll. Sehingga bisa lebih murah.

12. Biasanya tamu undangan diberikan souvenir. Souvenir tidak harus mahal, tapi yang penting terlihat unik dan cantik sehingga membuat berkesan.

13. Diskusikan rencana pesta dengan keluarga jauh-jauh hari. Tidak ada salahnya untuk jujur dengan budget yang dimiliki, siapa tahu ada yang bisa bantu memecahkan permasalahan, seperti fotografer, katering, sewa gedung hingga pembuat undangan yang murah tapi berkualitas.

14. Mengenai lokasi pernikahan, jika Anda melangsungkan acara pernikahan di rumah maka akan menghemat uang dari biaya sewa gedung. Adapun jika Anda ingin mengadakan pesta di gedung, maka sesuaikan kapasitasnya dengan perkiraan jumlah tamu.


15. Jangan segan untuk menanyakan pada teman atau kenalan tentang harga-harga properti pernikahan, khususnya tanya pada teman Anda yang sudah menikah sehingga Anda mendapatkan pengalaman darinya.

16. Tidak perlu menggunakan mobil pengantin sewaan dari event organizer, lebih baik cari teman atau keluarga yang memiliki mobil “masih layak” sebagai mobil pengantin.

17. Kombinasikan undangan digital dan cetak. Banyak website menyediakan jasa e-invitation pernikahan, selain itu juga ada facebook event, manfaatkan itu, Anda tinggal melampirkan desain undangan cetak disana.

18. Undangan cetak diperlukan untuk mengundang orang terhormat seperti keluarga besar, dsb. Kurang elok rasanya mengundang para paman dan bibi ke pesta pernikahan lewat FB atau WhatsApp.

19. Undangan cetak dibuat sederhana saja. Biasanya undangan hanya dilihat sebentar oleh penerimanya lalu dibuang ke tempat sampah.

Penutup

Saran saya, bagi yang ingin menikah, menikahlah dengan dana seminim mungkin, sederhana jauh lebih baik daripada memaksakan diri berhutang sana-sini.

Resepsi tidak perlu mewah. Hal utama dari acara pesta yaitu makanan, perhatikan hal ini dengan baik, fokuskan budget pesta untuk makanan. Makanan yang dimakan para tamu membawa keberkahan.

Hanya saja tidak dipungkiri di masyarakat ada keharusan untuk melangsungkan resepsi secara mewah, sehingga biaya resepsi sangat besar tapi makanan yang disediakan tidak banyak (kurang memuaskan para tamu).

Perlu diketahui bahwa resepsi meriah ataupun sederhana tidak ada hubungannya sama sekali dengan kualitas rumah tangga.

Bagaimana jika menikah langsung di KUA (Kantor Urusan Agama) tanpa menggelar pesta resepsi?
Selamat… Anda baru saja menghemat uang Anda, uang yang Anda hemat tersebut bisa digunakan untuk DP rumah, berlibur ke luar negeri atau berinvestasi.

Anda juga telah terhindar dari kekacauan pesta resepsi, seperti para tamu yang tidak menghargai Anda, komentar tajam tentang menu makanan pesta, komentar pedas pada tampilan mempelai, dll.

Untuk Anda yang menikah langsung di KUA tanpa menggelar pesta, maka Saya katakan: “Selamat menempuh hidup baru, tanpa hutang yang tak perlu.”

0 comments

Post a Comment