Tips Cara Mencegah Serangan Jantung

Tips Cara Mencegah Serangan Jantung- Dari sebuah survey, menunjukan bahwa salah satu penyebab utama kematian terbesar di dunia saat ini adalah serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang tidak sehat.


Masyarakat zaman modern sekarang ini lebih sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood dari pada memasak sendiri, di tambah lagi jarang berolahraga, kebiasaan merokok, juga mengkonsumsi alkohol hal ini dapat menjadi pemicu munculnya gejala penyakit jantung.

Penyakit jantung ini dapat menyerang orang tanpa mengenal usia. Oleh sebab itu, penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit seperti ini sebelum terlambat.
Berikut ini ada beberapa tips alami untuk mencegah serangan jantung, apa saja tipsnya masri kita simak:

Tips Cara Mencegah Serangan Jantung

1. Olahraga


Olahraga adalah kunci dari hidup sehat. Di era modern sekarang ini banyak orang yang menyepele
kan olahraga, sebenernya olahraga itu sangat gampang, cara simplenya adalah sengan berjalan kaki saja itu sudah termasuk olahraga lho. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Tidur nyenyak


Istirahat yang cukup juga penting untuk mejaga kesehatan tubuh. Tidur di malam hari selama kurang lebih 8 jam bermanfaat untuk menyegarkan serta mengisi ulang energi tubuh.

3. Hindari stres


Salah satu cara untuk mencegah serangan jantung adalah dengan menghindari stres. Tak hanya tubuh saja, pikiran juga butuh istirahat. Caranya yaitu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai di sela-sela kesibukan kamu yang menguras pikiran. Masalah memang bagian dari kehidupan tetapi kita juga harus pintar dalam mengatasinya.

4. Periksakan kondisi tubuh


Jika usia sudah menginjak 30 tahun lebih, ada baiknya periksakan kondisi kesehatan tubuh minimal setahun sekali. Ini diperlukan agar dapat memastikan kesehatan liver, tekanan darah, gula darah dan lipid Anda.

5. Batasi konsumsi garam


Asupan sodium yang tinggi dapat memicu tekanan darah tinggi. Hal ini akan berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah serangan jantung dengan membatasi asupan garam, khususnya garam meja.

6. Waspadai lemak


Lemak mempunyai beberapa jenis yaitu lemak jenuh, tak jenuh tunggal, lemak trans dan lemak tak jenuh ganda. Konsumsilah jenis lemak yang sesuai karena akan membuat Anda terhindar dari serangan jantung dan hindari juga memakai minyak goreng yang sudah digunakan alias di gunakan 2x.

7. Faktor keturunan


Apabila kamu memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, Tak bisa di hindarkan anda juga berisiko terkena penyakit tersebut. Tetapi Anda tidak perlu berputus asa atau pasrah, hal ini dapat di cegah dengan cara melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencegah serangan jantung.

8. Hindari merokok


Merokok ini memang terbukti tidak bermanfaat untuk kesehatan dan malah berbahaya bagi jantung. Kebiasaan merokok dapat membuat kerusakan pada organ dalam seperti jantung dan pembuluh darah yang mengarah pada penyempitan arteri. Wanita yang mengkonsumsi pil KB dan juga merokok memiliki resiko yang lebih tinggi terkena serangan jantung karena hal ini meningkatkan kemungkinan pembekuan darah, hiiii takut.

9. Camilan kacang


Ngemil juga bermanfaat untuk mengusir lapar di antara waktu makan. Tetapi Anda juga harus cerdas dalam memilih camilan yang ingin di konsumsi. Pilihlah camilan yang berupa kacang-kacangan yang memang terbukti mengandung antioksidan dan juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

10. Menjaga berat badan


Berat badan yang berlebih atau obesitas berarti jumlah lemak dalam tubuh Anda terlalu banyak hal ini dapat membahayakan kesehatan jantung, terutama lemak di sekitar perut. Atasi berat badan berlebih Anda dengan cerdas mengkonsumsi makanan sehat juga berolahraga rutin untuk membakar kalori dalam tubuh anda.

11. Hindari makanan kemasan


Kandungan sodium yang tinggi serta minyak nabati terhidrogenasi yang terdapat pada makanan kemasan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda, oleh karena itu hindari sebisa mungkin makanan kemasan.

12. Konsumsi ikan


Konsumsilah Ikan, terutama ikan salmon dan makarel, ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

13. Hindari alcohol


Meminum alkohol atau minuman keras dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Karena memang alkohol atau minuman keras tidak bermanfaat untuk kesehatan dan juga di agama pun sudah di larang tentang minuman haram ini.


0 comments

Post a Comment