6 Tanaman Yang Ampuh Mengobati Penyakit

6 Tanaman Yang Ampuh Mengobati Penyakit. Negara Indonesia sebenarnya mempunyai banyak jenis tanaman obat yang banyak tersebar di berbagai daerah. Pada daerah masing masing mempunyai resep sendiri sendiri dalam mengolah tanaman herbal menjadi obat. Dengan menggunakan obat alami tentu akan meminimalisir efek samping dari obat yang digunakan. Tak hanya itu, dengan kita mengetahui berbagai tanaman obat untuk mengobati penyakit akan mengurangi ketergantungan Anda pada obat-obatan kimia.

Di bawah ini ada beberapa tanaman obat yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit.


1. Belimbing Wuluh



Belimbing wuluh yang biasa dikenal dengan nama belimbing sayur, karena belimbing ini sering digunakan untuk bumbu masakan agar dapat memberikan rasa asam yang kuat.
Manfaat lain dari belimbing wuluh selain untuk bumbu masak adalah sebagai obat tradisonal. Tanaman ini sangat bermanfaat mulai dari batang, daun,bunga, dan buahnya semua bisa dimanfaatkan sebagai obat. Untuk sakit sariawan, gusi berdarah, rematik, godongan, pegel linu, sakit gigi semuanya bisa memanfaatkan pengobatan dari belimbing wuluh.


2. Tanaman Temu Lawak



Tanaman Temulawak adalah tanaman rempah yang asli dari Indonesia. Tanaman ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian dari temu lawak yang sering dimanfaatkan adalah bagia akar atau sering juga disebut dengan rimpang. Pada bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Manfaat dari tanaman temulawak ini adalah berguna untuk mengatasi gangguan ginjal, kemudian melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini.


3. Tanaman Lidah Buaya



Tanaman lidah buaya adalah tanaman obat yang memiliki beragam khasiat. Lidah buaya bisa dibilang kalau tanaman ini sebagai tanaman sejuta manfaat karena buanyak sekali khasiat dari tanaman ini. Bukan cuma untuk menjaga rambut agar tetap sehat, dan menghilangkan jerawat, dan juga menjaga kecantikan, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengoati berbagai penyakit.

Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan, sembelit, serangan jantung, diabetes,  dan masih buanyak lagi jenis penyakit lain.

4. Tanaman Obat Kumis Kucing


Tanaman kumis kucing sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Orthosiphon aristatus. Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk membuat ramuan herbal biasanya menggunakan bahan utama dari tanaman ini, dengan racikan dan takaran tertentu sehingga menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit.

Manfaat dari kumis kucing ini yang paling terkenal adalah untuk mengobati penyakit kencing batu. Tanaman ini berguna untuk meluruhkan kencing batu sehingga bisa melancarkan saluran kemih. Tak hanya itu tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.


5. Tanaman Keji Beling



Tanaman keji beling ini sangat terkenal di kalangan ahli herbal. Tanaman keji beling yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini memiliki berbagai manfaat, hampir dari bagian-bagian tanaman ini semuanya dapat dimanfaatkan. Di dalam daun keji beling banyak terkandung zat penting seperti fosfor, natrium, kalsium dan kalium. Untuk bagian akarnya mengandung polifenol dan flavonoid adapun bagian batang mengandung saponin dan tanin.

Kegunaan tanaman keji beling bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit batu ginjal, diare, menurunkan kolestrol, liver, maag, dan mengobati kencing manis.


6. Daun Jarak



Dari jaman dulu daun jarak sudah digunakan untuk obat herbal. Sudah tidak heran jika tanaman ini masuk dalam kategori tanaman apotik hidup. Pada bagian daun, buah, bahkan biji jarak dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Sudah tak heran jika dulu para penjajah berebut untuk membawa tanaman ini ke negara meraka.


Tanaman daun jarak juga berkhasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, rematik, dan bengkak karena luka. Tak hanya itu tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak.

Itulah beberapa jenis tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, sebenarnya masih banyak lagi tanaman obat lain, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.


0 comments

Post a Comment