9 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati Penyakit

9 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati PenyakitIndonesia ini memiliki banyak sekali berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Tak hanya itu saja, berbagai tanaman ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mendongkrak stamina agar tidak mudah sakit.
Inilah beberapa tanaman itu yang bermanfaat untuk mengobati penyakit dan dapat menjaga kesehatan tubuh, di antaranya yaitu :

1. Tanaman Obat Bunga Kenop


Bunga kenop adalah bunga yang berasal dari negara Amerika dan Asia. Tanaman ini awalnya hanya digunakan sebagai tanaman hias bunga untuk mempercantik taman depan rumah.  Tanaman ini mempunyai daun yang berwarna hijau cerah dan bunga kecil dengan warna ungu membuat bunga ini banyak di sukai banyak orang.

Selain untuk tanaman hias, bunga kenop termasuk juga dalam kategori tanaman obat tradisional. Manfaat dari obat tradisional ini adalah berguna untuk mengobati asma, radang mata, batuk, mimpu buruk; sakit panas, sakit kepala, dan disentri.


2. Tanaman Obat Cempaka Putih



Cempaka putih atau bunga  kantil merupakan bunga yang mempunyai aroma yang sangat harum. Bunga ini mempunyai nama latin yaitu Michelia alba. Bunga ini adalah merupakan bunga khas dari Jawa Tengah. Bunga ini juga biasa digunakan dalam berbagai upacara adat.

Selain itu, tanaman cempaka putih juga dapat manfaatkan sebagai obat alami. Salah satu manfaat dari tanaman obat ini adalah untuk mengatasi bau badan dan ketiak, mengobati masalah vertigo (kepala pusing), mengatasi sinusitis, mengobati perut kembung, mengobati batuk rejan, mengobati keputihan, dan batuk berdahak.


3. Tanaman Obat Brotowali



Pasti anda sudah tak asing lagi dengan berotowali, Yaa, tanaman obat ini memang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat mulai dari daun, batang dan akarnya.

Brotowali terkenal dengan rasa yang sangat pahit. Manfaat dari brotowali yaitu bisa dimanfaatkan untuk mengobati rheumatik sendi, rheumatic arthritis, demam kuning, demam, malaria, kencing manis, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.


4. Daun Benalu



Benalu adalah salah satu jenis tanaman parasit yang tumbuh menenpel pada tanaman lainnya. Untuk menanamnya juga cukup mudah karena benalu tidak membutuhkan tanah atau kompos untuk media tanam, hanya dengan menempelkan pada tanaman pohon maka benalu sudah bisa tumbuh.

Meski sebagai tanaman penganggu karena menyerap nutrisi dari tanaman lain, ternyata kandungan zat yang ada pada benalu ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk mengobati sakit nyeri pinggang, kencing tidak lancar dan juga gangguan kelenjar prostat, tumor, amandel kanker, dan juga gangguan pada organ usus bisa menggunakan khasiat daun  benalu.

5. Tanaman Obat Daun Ceker Ayam


Tanaman yang mempunyai nama latin Selaginella doederleinii Hieron ini biasanya tumbuh di daerah teduh dengan suhu dingin. Mungkin nama tanaman ini sedikit asing di telinga kita, tetapi sebenarnya tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kebun dan pagar. Ceker ayam merupakan tanaman yang sejenis dengan paku-pakuan yang banyak tumbuh di sekitar kita.

Khasiat dari tanaman obat ini adalah untuk antineoplasma, penghenti pendarahan (hemostatis), kanker paru, bronkhitis, tonsilis, batuk, bronkhitis, radang paru, infeksi saluran kencing, tulang patah, koreng, hepatitis, perut busung dan menghilangkan bengkak.


6. Tanaman Obat Daun Sisik Naga



Tanaman sisik naga mempunyai nama ilmiah Drymoglossum piloselloides L. Tanaman ini hidup seperti benalu yakni menumpang pada tanaman lainnya, yang membedakannya tanaman ini tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya.

Tanaman ini biasa hidup di daerah lembab, hutan dan sekitar sawah. Bentuk daun kecil yang menyerupai sisik yang menempel pada kayu sehingga orang-orang menjulukinya sisik naga. Tanaman obat ini juga mempunyai manfaat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Jenis penyakit yang disembuhkan seperti keputihan (leukore), kanker payudara, perdarahan pada perempuan, rematik, perdarahan, mimisan, berak darah,  sakit perut, disentri, kencing nanah, dan TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening.


7. Tanaman Obat Patah Tulang



Tanaman yang memiliki bentuk ranting tanpa daun ini sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan. Dari keunikan yang dimiliki oleh tanaman patah tulang, ternyata banyak sekali manfaat untuk kesehatan biasanya untuk obat tradisional.

Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati tulang patah, sakit gigi, kusta, wasir, tumor atau kanker, rhematik, sifilis, nyeri saraf dan juga penyakit kulit. Akan lebih pas jika ingin menggunakan tanaman ini, sebaiknya bertanya dulu pada ahli kesehatan karena getah tanaman ini mengandung racun.

8. Biji Mahoni


Pohon mahoni banyak sekali tumbuh di derah Jawa. Ya, batang dari pohon ini banyak sekali dijadikan berbagai furniture. Tidak hanya batangnya yang bisa dimanfaatkan, biji dari tumbuhan ini juga sangat berguna untuk dijadikan obat.

Manfaat biji mahoni yaitu bisa dijadikan  sebagai salah satu bahan utama membuat obat. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan biji mahoni adalah rematik, kurang napsu makan, masuk angin, demam,  dan ekzema.

9. Tanaman Obat Daun Jinten


Tanaman obat tradisional Indonesia yang terakhir adalah daun jinten. Tanaman ini termasuk jenis tanaman rerumputan yang banyak tumbuh liar di sawah atau kebun di sekitar anda.
Manfaat daun jinten untuk kesehatan, diantaranya untuk mengobati perut kembung, obat sakit kepala,  mengobati penyakit ayan, menyuburkan ASI, mengobati rematik, serta mengembalikan kekebalan tubuh.

Itulah beberapa tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi Anda yang ingin menggunakan obat-obatan alami dan menghilangkan ketergantungan terhadap obat kimia.
Terimakasih sudah berkunjung.

0 comments

Post a Comment