Inilah 7 Tanaman Obat Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Inilah 7 Tanaman Obat Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan. Berbagai jenis tanaman obat banyak terdapat di negara kita Indonesia. Tanaman obat ini biasa tumbuh subur secara alami kadang juga di budidayakan oleh orang.  Tanaman obat seperti ini bisa kita temukan di berbagai daerah yang ada di indonesia. Nah ini adalah beberapa tanaman obat yang akan kita bahas, penasaran seperti apa manfaat dan khasiatnya yuuk kita simak....

1. Alpukat


Alpukat bisa dibilang sebagai buah dengan sejuta manfaat. Buah yang biasa digunakan untuk masker kecantikan dan juga bahan obat.Selain untuk obat, alpukat juga biasa dibuat minuman jus dengan rasa yang sangat lezat.

Alpukat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes, mencegah kanker, menurunkan kolestrol, kesehatan jantung, mengobati sakit maag dan juga sebagai minuman kesehatan yang mengandung berbagai vitamin.

2. Daun Adas


Bagi masyarakat Jawa yang khususnya daerah Jogja pasti sudah tak asing lagi dengan daun adas. Masyarakat yang tinggal di daerah tersebut biasanya menanam daun adas di halaman atau belakang rumah sebagai tanaman obat keluarga atau biasa disebut TOGA.

Tak hanya sebagai tanaman obat, daun adas juga biasa digunakan untuk rempah bumbu masakan. Daun adas mempunyai banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin E, Anisaldehida dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat daun adas untuk kesehatan yaitu untuk mengobati anemia, mengatasi sembelit,mengobati sakit jantung, mencegah kanker, mengobati diare, melancarkan haid, mengobati sakit mata, obat sesak nafas dan lain sebaginya.

3. Tanaman Obat Adem Ati


Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Simplisia Litseae glutinosae Radix. Tanaman ini adalah tanaman pohon yang bisa tumbuh sampai ketinggian 10 meter. Bukan hanya daunnya saja, tetapi kulit serta akar tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bahan membuat obat.

Zat yang terkandung dalam tanaman ini seperti Alkaloid (golongan fenantrena dan aporfina), flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak atsiri. Khasiat dari tanaman adem ati bermanfaat untuk mengobati kencing manis, radang usus, luka berdarah dan lain sebaginya.

4. Daun Pegagan


Banyak manfaat dari daun pegagan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, padahal daun ini sudah banyak digunakan untuk obat di berbagai belahan dunia. Di Asia Tenggara dan Afrika tanaman ini banyak di jumpai, habitat hidupnya biasa di tepi sungai yang tenang.

Yang biasa digunakan sebagai obat dari tanaman ini adalah daun dan batang. Manfaat yang bisa di dapat dari tanaman obat ini adalah untuk menyembuhkan luka luar, mengurangi kecemasan, sebagai antioksidan, untuk bahan obat tradisional dan kontenporer.

5. Daun Tempuyung


Daun Tempuyung adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di alam liar. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tak hanya digunakan untuk obat tradisional, daun tempuyung kini juga banyak di ekstrak untuk dijadikan obat modern.

Bagian yang paling berkhasiat pada tempuyung ini adalah daunnya. Rasa dari daun tempuyung ini adalah pahit, tetapi bersifat mendinginkan. Tanaman obat keluarga ini memiliki banyak sekali manfaat diantarnya untuk mengobati bisul, kencing batu, darah tinggi, obesitas, radang payudarah, wasir, darah tinggi, dan asam urat.

6. Daun Andong


Ciri ciri daun andong adalah daun lebar dengan carka warna merah kehitaman. Daun yang indah sangat indah, tak heran jika tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias daun. Bukan cuma bentuk daunnya yang indah, tapi ternyata tanaman ini juga memilili beragam manfaat untuk kesehatan.

Penyakit batuk berdarah, urine berdarah, haid terlalu banyak bisa di atasi dengan menggunakan daun andong. Selain itu daun andong juga bisa mengobati diare atau disentri, mengatasi wasir, obat luka akibat sengatan binatang berbisa, mengobati radang gusi.

7. Ciplukan


Untuk orang yang lahir di tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan buah ciplukan. Buah yang satu ini adalah buah yang tumbuh liar dan bisa didapatkan secara gratis. Buah ciplukan mempunyai nama latin yaitu Physalis angulata bisa didapatkan dengan mudah di daerah persawaan atau ladang.

Baca Juga : 9 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengobati Penyakit

Buah ini ternyata terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa pusat perbelanjaan yang menjual buah ini dengan harga 500k/kg. Buah ini ternyata berkhasiat untuk mengobati penyakit asma, sakit tenggorokan, mengobati kencing manis, kanker payudara, sakit paru-paru dan lain sebagainya.

Itulah sebagian kecil dari banyaknya tanaman obat yang ada, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

0 comments

Post a Comment