Manfaat Akar Kelapa Untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Akar Kelapa Untuk Mengobati Penyakit- Pohon kelapa merupakan pohon yang banyak di jumpai di pinggir pinggir pantai dalam jumlah yang banyak. Pohon ini tinggi dan memiliki buah yang berwarna hijau dan juga kuning. Secara umum pohon kelapa sangat berguna dari buah, batang hingga akarnya. Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai manfaat akar kelapa yang belum banyak di ketahui. Nah ternyata akar kelapa memiliki manfaat di bidang kesehatan juga lho, karena mengandung  zat anti piretik tang berfungsi untuk menurunkan panas tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat akar kelapa untuk mengobati penyakit :

1. Mengobati Wasir

Penyakit wasir ini jika di biarkan akan semakin melebar dan membesar hingga menyakitkan penderitanya. Di sisi itu wasir juga membuat tidak nyaman dan sewaktu waktu bisa saja menyebabkan pencaharan. Penderita wasir juga akan mengalami kesulitan untuk duduk. Nah akar kelapa ternyata mapu untuk mengobati wasir, caranya adalah sebagai berikut :

- Pertama siapkan akar kelapa kemudian di cuci terlebih dahulu, kemudian di jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
- Jika sudah kering, siapkan 3 gelas air kemudian masukkan akar kelapa kering ke dalam air untuk di rebus dengan api sedang.
- Biarkan mendidih sampai air berkurang kira kira menjadi 2 gelas. Kemudian saring air rebusan akar kelapa tersebut dan tunggu sampai dingin, kemudian dapat di minum.

Minumalah air rebusan akar kelapa ini dua kali sehari hingga wasir sembuh.


2. Mengobati Demam

Akar kelapa juga dapat mengobati demam untuk orang dewasa maupun anak anak. Demam biasa disebabkan karena cuaca yang tak menentu, juga menurunnya daya tahan tubuh sehingga virus mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. Demam yang di sertai dengan panas yang tinggi dan flu dapat di obati dengan akar kelapa, caranya yaitu :

- Siapkan akar kelapa yang sudah kering dan di haluskan terlebih dahulu.
- Kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi air, lalu rebus hingga mendidih.
- Jika sudah mendidih, saring ke dalam gelas kemudian minumlah ramuan tersebut.

Minum ramuan akar kelapa sebanyak dua kali sehari sampai panas tubuh menurun. Ini karena akar kelapa mengandung zat anti piretik yang dapat menurunkan panas tubuh.

3. Mengobati Perut kembung

Penyebab perut kembung biasa di sebabkan karena perut yang tidak terisi atau kosong dalam waktu lama. Hal ini memicu asam lambung menjadi naik dan menyebabkan perut kembung. Ketika perut kembung sebaiknya tidak langsung makan karena ini akan menimbulkan perih bagi lambung. Meminum air rebusan dari akar kelapa akan mengobati perut kembung, cara mengolahnya yaitu :

- Siapkan akar kelapa yang sudah di cuci hingga bersih dan sudah di jemur terlebih dahulu.
- Rebusan akar kelapa tersebut dengan air dan tunggu sampai airnya mendidih.
- Setelah mendidih dapat di saring baru kemudian di minum.

Saat perut terasa kembung anda bisa meminum air rebusan akar kelapa, apabila sudah satu jam baru kemudian anda bisa makan.


4. Mengobati Sembelit

Tubuh memerlukan serat untuk melancarkan pencernaan. Kurangnya serat didalam tubuh dapat menyebabkan sembelit yang justru menganggun kesehatan anda. Makanan yang kaya akan serat terdapat pada buah dan sayuran, Selain itu akar kelapa juga dapat membantu anda mengatasi sembelit karena kekurangan serat, Caranya adalah :

- Siapkan akar kelapa kemudian di tumbuk sampai halus.
- Setelah halus silahkan masukkan ke dalam panci yang berisi 2 gelas air.
- Rebus diatas kompor sampai mendidih.

Jika sudah mendidih kemudian saring airnya tersebut dan dinginkan. Silahkan minum air tersebut untuk mengatasi sembelit.


5. Mengobati Diare

Akar kelapa juga dapat menngobati masalah pencernaan seperti diare, karena diare dapat menyebabkan penderita mengalami kehilangan banyak cairan tubuh. Apabila ini dibiarkan terus, hal ini dapat menyebabkan kematian. Untuk pertolongan pertama penderita diare biasanya di beri larutan oralit terlebih dahulu, kemudian baru di beri ramuan herbal yang berguna untuk menghentikan diare.
Nah akar kelapa dapat membantu untuk menghentikan diare dengan cara berikut ini :

- Siapkan akar kelapa kemudian di cuci hingga bersih baru kemudian dikeringkan.
- Setelah itu tumbuk akar kelapa kering sampai halus.
- Masukkan akar kelapa dan air ke dalam panci dan panaskan diatas kompor.
- Setelah mendidih matikan apinya dan tunggu hingga dingin.
- Saring setelah rebusan tersebut dingin.

Minumlah air rebusan akar kelapa tersebut, biasanya setelah 3 gelas maka diare akan berhenti dengan sendirinya.

6. Melancarkan Peredaran darah

Peredaran darah dapat terganggu karena munculnya lemak yang muncul di dalam tubuh, karena kondisi ini akan mempersempit jalan peredaran darah di dalam tubuh. Biasanya lemak muncul karena faktor makanan yang di konsumsi dan juga berat tubuh yang diatas normal. Ini berlaku untuk penderita obesitas. Maka dari itu obesitas tidak baik untuk kesehatan. Nah untuk melancarkan peredaran darah dapat atasi dengan meminum ramuan akar kelapa. Cara mengolahnya sama seperti pada poin diatas. Ramuan ini dapat rutin di konsumsi dan perhatikan bahwa tubuh anda akan menjadi lebih segar dari pada sebelumnya.

7. Mengobati Hipertensi

Darah tinggi dapat disebabkan karena beberapa faktor di yaitu gemar makan makanan yang kaya akan lemak tidak sehat, seperti jeroan, sup lemak dan makanan fast food. Faktor yang lain juga dapat meningkatkan resiko terkena darah tinggi adalah genetika. Riwayat kesehatan keluarga juga penting untuk anda ketahui. Apabila riwayat keluarga ada yang memiliki penyakit darah tinggi sebaiknya lebih berhati hati mulai sejak dini agar terhindar dari darah tinggi. Karenanya penyakit ini dapat menyebabkan stroke dan komplikasi bagi organ penting lainnya di dalam tubuh. Darah tinggi dapat  di stabilkan dengan rutin meminum air rebusan akar kelapa. Untuk cara mengolahnya sama seperti cara cara sebelumnya.

Nah itulah beberapa manfaat akar kelapa untuk mengobati penyakit, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkujung.

0 comments

Post a Comment