Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan- Nanas adalah buah yang mempunyai kulit kasar, namun buah ini memiliki kandungan air yang banyak juga memiliki rasa enak dan menyegarkan. Buah ini memiliki banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang berguna untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas ini tidaklah susah untuk di temukan, banyak tersedia dipasaran dan juga dapat berbuah sepanjang tahun tidak seperti buah buah lain yang memakai musim. Harga buah ini sangatlah terjangkau, buah ini menjadi pilihan buah terbaik terutama untuk masyarakat yang tinggal diwilayah tropis. Buah ini memang memiliki banyak khasiat dan manfaatnya, tetapi perlu di ingat, buah ini tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil, karena buah ini mengandung bromelian yang tidak boleh dimakan wanita hamil.


Berikut beragam khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan

- Nanas mempunyai kandungan vitamin A juga beta-karoten yang bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, juga mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

-  Vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang terkandung didalam buah nanas berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

- Vitamin B1 yang ada di dalam buah nanas bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi juga memperkuat otot dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat.

- Nanas juga mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis.

- Nanas juga mengandung Kalium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal.

- Nanas juga mengandung mangan. Mangan adalah mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh manusia, namun dapat ditemukan didalam buah nanas . Mangan ini bermanfaat sebagai pendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.


Buah nanas mengandung enzim khusus yang disebut dengan Bromelain yang memiliki sifat-sifat anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat-obatan ampuh seperti NSAID dan steroid, terutama jika bromelain dikombinasikan dengan rempah-rempah seperti kunyit (kurkumin). Manfaat dari Bromelain ini adalah untuk mengurangi nyeri sendi akibat asam urat dan sebagian besar jenis arthritis, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan pasca operasi, menghilangkan asam lambung naik, dan enzim pelengkap untuk mempromosikan dan mempercepat proses pencernaan dan motilitas usus.

Manfaat lain dari buah nanas yaitu :

1. Mengatur kelenjar tiroid dan mengurangi resiko gondok 
2. Mengurangi tenggorokan bengkak akibat bronkitis dan asma 
3. Menurunkan tekanan darah.
4. Mengeluarkan parasit dari hati dan usus
5. Meredakan sembelit
6. Mencegah mual Rendah kalori untuk menurunkan berat badan
7. Mengandung pektin tinggi yang membantu mengeluarkan logam berat dan racun dalam tubuh
8. Mengandung agen Anti pembekuan darah

Demikian beberapa khasiat dan manfaat dari buah nanas yang jarang disadari oleh banyak orang. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi buah yamg murah meriah ini, selain untuk melepaskan dahaga namun juga dapat manfaatnya. 

0 comments

Post a Comment