Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan- Siapa yang tak tahu buah pir?? Buah yang satu ini memang selalu menjadi primadona pada saat musim panas, karena buah ini mempunyai banyak kandungan serat dan juga kadar air yang cukup tinggi. Buah ini sangat disukai terutama oleh anak anak karena mempunyai rasa yang mendinginkan. Selain buah ini mengandung seran dan kadar air yang tinggi, ternyata buah ini juga mengandung atioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu buah pir juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, apa saja itu? mari kita simak.


Beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan :

1. Menangkal radikal bebas :

Beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada biah pir ini seperti vitamin C, vitamin K, juga tembaga dapat berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. 

2. Mencegah penyakit jantung :

Buah pir juga mengandug serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Memakan makanan yang kaya akan serat seperti buah pir bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 % wah bermanfaat sekali ya. 

3. Mencegah kanker : 

Buah pir yang mengandung serat tinggi akan mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya keluar dari tubuh dan juga mencegah kanker usus besar. Memakan satu buah pir setiap hari dapat menurunkan resiko kanker payudara hingga 34 % pada wanita setelah menopause.

4. Tidak menimbulkan reaksi alergi :

Buah pir lebih sedikit memberikan kesempatan alergi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, oleh sebab itu buah pir ini sebagai salah satu dari banyak jenis buah-buahan yang bisa diberikan kepada bayi. 

5. Menjaga kadar gula darah :

Walaupun buah pir ini sedikit agak manis, tetapi buah pir hanya memiliki indeks gliserin yang rendah dan juga tinggi serat, sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : 

Buah pir memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi seperti vitamin C, A, dan tembaga yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga melawan berbagai penyakit. 

7. Mencegah osteoporosis :

Masalah tulang adalah masalah yang sangat umum terjadi. Nah untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, penting untuk menjaga pH tubuh dan mencukupi asupan kalsium. Untuk mendapatkan pH tubuh bisa dengan cara diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Buah pir kaya akan boron, yang bisa mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

8. Meningkatkan tingkat energi :

Buah pir mengandung kadar glukosa yang tinggi yang akan memberikan energi secara cepat ketika tubuh merasa lemah. Karena ini akan diserap dengan sangat cepat oleh tubuh kemudian mengkonversinya menjadi energi . 

9. Melancarkan pencernaan :

Kandungan serat yang terkandung didalam buah pir cukup tinggi, yang akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan. Buah pir dengan ukuran sedang mengandung sekitar 20-25 % asupan serat harian yang direkomendasikan. Jenis serat buah pir tidak larut dan ini akan lebih mudah bergerak melewati usus besar dan mencegah polip usus.  

10. Bermanfaat untuk wanita hamil :

Asam folat sangat penting untuk wanita yang sedang hamil, karena untuk menjaga agar bayi tetap aman dan terhindar dari cacat lahir. Buah pir mengandung banyak nutrisi ini, dan Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur selama kehamilan untuk memperoleh manfaat dari buah ini. 

11. Untuk menyapih anak :

Pada saat ingin menyapih anak, selalu disarankan agar memberikan mereka buah pir, karena buah pir memiliki alergen dan keaasaman yang rendah, sehingga tidak akan menimbulkan masalah pencernaan. Buah dapat dikupas, kemudian dipanaskan di olah menjadi bubur. Perlu di ingat, Buah Pir ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang mengalami diare. 


12. Mencegah kandung empedu, radang usus, radang sendi, dan gout :

Untuk masalah kandung empedu , radang usus , radang sendi juga asam urat dapat di cegah dengan mengkonsumsi buah pir secara teratur. 

13. Tekanan darah :

Buah pir memiliki kandung senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan yang berguna untuk membantu menjaga tekanan darah. 

14. Peradangan :

Buah pir juga memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat membantu mengurangi masalah peradangan seperti arthritis dan lainnya. 

15. Sesak napas :

Pada saat musim panas, biasanya gejala sesak napas sangat umum karena disebabkan oleh hawa panas. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir selama cuaca sedang panas. 

16. Masalah tenggorokan :

Selama musim panas masalah tenggorokan sering terjadi. Nah Untuk mengatasi masalah panas tenggorokan dapat mengkonsumsi buah atau segelas jus pir setiap hari. 

Cara memilih buah pir yang baik : 

Pir yang sudah matang adalah yang terbaik. Pilih buah yang warnanya kuning keemasan, penampilannya terlihat baik, harum dan leher yang sedikit lembut. Sebuah pir yang baik harus lembut, serta kulitnya utuh tanpa luka. Apabila kulit buah berwarna coklat muda maka dapat di pastikan buah dalam keadaan baik, dan pastikan bagian atas buah (dekat dengan batang) tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Untuk mengetahuinya, cukup tekan dengan ringan menggunakan ujung jari Anda, bukan meremas seluruh buah. 

Cara Menyimpan Pir :

Jika pir sudah matang, sebaiknya simpan didalam lemari es. Sebaliknya, jika Anda ingin membuat nya menjadi matang, simpan dalam mangkuk dengan tanpa mencucinya. Karena air dapat membuat buah pir cepat membusuk. Anda juga bisa membantu pir cepat masak, dengan cara menaruhnya kedalam kantong kertas yang dilubangi. Hal ini akan membantu buah untuk mendapatkan cukup oksigen, serta memperlambat pembusukan.

Tips Makan buah Pir

Langkah pertama yaitu bersihkan buah pir kemudian keringkan dan silahkan memakannya bersama dengan kulitnya. Dengan cara ini anda akan mendapatkan sebagian besar kandungan serat, fitonutrien dan antioksidan dalam buah. Pir bisa diiris dengan menggunakan corer apel. Anda perlu memotongnya menggunakan talenan, agar inti buah bisa dibuang dengan mudah. Teteskan 2-3 tetes jus lemon ke dalam irisan pir secepat mungkin, agar tida cepat teroksidasi.

0 comments

Post a Comment