Manfaat Daun Salam Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Daun Salam Yang Belum Banyak Diketahui- Tanaman salam adalah tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun. Kegunaan salam ini sudah dikenal dari jaman nenek moyang dulu yaitu sebagai tambahan bumbu masakan khas indonesia. Selain untuk pelengkap bumbu masakan, ternyata salam juga bermanfaat untuk kesehatan lho...hal ini sudah banyak dibuktikan melalui penelitian resmi maupun independent.

Daun salam mempunyai kandunngan zat yang di sebut fitonutrien, zat ini merupakan kontributor utama sebagai obat asam urat, diabetes, kolesterol, dan juga menurunkan tekanan darah tinggi sampai membantu menurunkan berat badan.

Nah selain itu, daun salam juga mempunyai khasiat untuk mengobati diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai sampai dibuat pasta gigi tradisional. Maka dari itu daun salam sudah terbukti dan teruji manfaatnya unntuk kesehatan dan tidak hanya sebagai bumbu pelengkap masakan saja.


Beberapa manfaat daun salam :

1. Mengharumkan masakan

Menambahkan daun salam kedalam masakan akan membuat aroma masakan menjadi harum karena zat-zat alami  yang ada di dalam daun salam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Maka tambahkanlah daun salam ketika annda memasak.


2. Membuat gigi putih bersih


Daun salam juga dapat di gunakan sebagai pasta gigi tradisional dan ini sudah terbukti bahwa daun salam mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Caranya yaitu jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Kemudian haluskan daun salam dengan cara ditumbuk lalu campurkan keduanya bersama air. Aduk aduk sampai rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Dan silahkan gunakan untuk menggosok gigi dan rasakan manfaat daun salam kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.


3. Menurunkan kolesterol dan diabetes


Daun salam juga bermanfaat untnuk menurunkan kolesterol dan diabetes. Caranya yaitu sediakan 10 – 15 lembar daun salam yang masih segar, kemudian cuci daun salam tersebut, lalu rebus daun salam dengan 3 gelas, silahkan tunggu sampi kira kira 1 gelas, setelah air rebusan dingin silahkan saring terlebih dahulu, kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur agar kolesterol dan diabetes cepat sembuh.

4. Manfaat daun salam untuk diet

Manfaat daun salam selanjutya adalah untuk menurunkan berat badan alias diet. Nah ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai masalah tentang berat badan berlebih, maka ramuan diet dari daun salam bisa anda coba untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Caraya yaitu cuci 20 – 30 lembar daun kemudian rebus bersama 4 gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa 2 gelas, silahkan angkat dan tunggu hingga dingin. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas agar berat badan turun secara alami.

5. Mengobati kencing manis

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu mengobati kencing manis. Caranya adalah rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air biarkan mendidih sampai tersisa 1 gelas saja, Kemudian saringlah air rebusan tersebut dan tunggu sampai dingin kemudian minumlah sekaligus sebelum makan. Silahkan lakukan dua kali dalam sehari supaya khasiat daun salam diserap oleh tubuh.


6. Menurunkan tekanan darah

Daun salam juga bermannfaat untuk menurunkan tekana darah. Carannya yaitu silahkan sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, lalu rebuslah bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Apabila sudah dingin silahkan saring terlebih dahulu lalu minumlah air rebusan daun salam sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

7. Mengobati maag akut

Daun salam juga bermanfaat untuk mengobati maag. Cara mengobati maag dengan daun salam yaitu cuci bersih 15 – 20 lembar daun salam segar. Kemudian rebuslah dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya dan tunggu hingga air rebusan dingin, kemudian minum air tersebut sebagai teh herbal. Silahakan lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

8. Mengatasi mabuk alkohol

Tanaman salam juga dapat mengatasi mabuk alkohol, tapi perlu di ingat untnuk hal ini tidak menggunakan daun tapi menggunakan buahnya.Caranya silahkahkan cuci satu genggam buah salam matang, kemudian tumbuk lalu peras airnya. Setelah di peras silahkan saring air perasan buah salam lalu minumlah air tersebut agar mabuk akibat alkohol cepat hilang.

9. Mengobati diare secara alami

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu untuk mengobati sakit diare. caranya yaitu sediakan 15 lembar daun salam segar, lalu rebus daun salam dengan air sampai mendidih, kemudian tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Silahkan minum air rebusan tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

10. Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat

Manfaat lain dari daun salam adalah untu mengobati asam urat. Silahkan sediakan 10 lembar daun salam kering atau jemur daun yang masih segar di bawah sinar matahari. Perhatikan, pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada permukaan sebelum mengolahnya menjadi obat tradisional.

Untuk merebus daun salam sebagai obat asam urat sebaiknya memakai panci, ketel, atau ceret. Silahkan rebus 10 gelas air bersih memakai api sedang, kemudian jika sudah mendidih kecilkan api. lalu masukkan 10 lembar daun salam kering lalu rebus lagi hingga air tersisa 7 gelas saja.

Supaya ramuan obat tradisional daun salam ini dapat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, silahkan minum obat ini secara teratur 1 - 2 kali sehari. Simpanlah air rebusan pada wadah tertutup yang kedap udara agar khasiatnya bisa bertahan selama 2 - 3 hari. Pada hari berikutnya, rebus (panasi) sebentar sebelum diminum.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun salam dalam kehidupan sehari hari, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah mau mampir.

0 comments

Post a Comment